ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM FILM FINDING DORY

SUKRIS, SETIYADI (2024) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM FILM FINDING DORY. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SUKRIS SETIYADI_1817402214_ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM FILM FINDING DORY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai karakter pada diri peserta didik dengan meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, orang lain, lingkungan, bangsa dan negara. Pendidikan karakter tidak hanya sekedar mentransfer ilmu, tetapi perlu adanya proses, contoh teladan, dll. Karakter peduli lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya- upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Karakter peduli lingkungan tidak hanya bersifat teoritis saja, tetapi dituntut sebuah tindakan nyata yang membawa perubahan baik bagi kehidupan semua orang. Ada banyak cara mempelajari pendidikan karakter salah satunya dengan menggunakan media film, salah satu contohnya adalah film Finding Dory. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan karakter peduli lingkungan yang terdapat dalam film Finding Dory dan bagaimana relevansi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam film Finding Dory dengan pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter peduli lingkungan yang terdapat dalam film Finding Dory dan untuk mengetahui relevansi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam film Finding Dory dengan pendidikan agama Islam. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primernya adalah film Tanah Cita-Cita sedangkan sumber sekunder menggunakan buku, jurnal, skripsi, dan artikel yang berkaitan dengan judul. Pada penelitian ini dalam mengumpulkan data, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti peroleh dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan yang terdapat dalam film Finding Dory yaitu dengan mengajarkan pentingnya menjaga dan melestarikan dengan sikap dan Tindakan mencegah kerusakan pada ekosistem laut. Adapun relevansi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam film Finding Dory dengan Pendidikan agama Islam yaitu nilai karakter peduli lingkungan relevan dengan nilai Khuluqiyah, karena merupakan perilaku yang menunjukkan akhlak terpuji terhadap lingkungan. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Film Finding Dory

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Film Finding Dory
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SUKRIS SETIYADI sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:35
Last Modified: 26 Jan 2024 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23232

Actions (login required)

View Item View Item