Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan di SMP N 1 Kemangkon Purbalingga

Sekar, Astuti (2024) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan di SMP N 1 Kemangkon Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sekar ayu Widhi Astuti_Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan di SMP N 1 Kemangkon Purbalingga.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah proyek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permsalahan dilingkungan satuan pendidikan. Proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar pancasila, memberikan kesempatan kepeda peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan proyek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting mengenai perubahan iklim, anti radikalisme, Kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Proyek penguatan ini hadir sebagai sebuah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitarnya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP N 1 kemangkon dan mengetahui kendala yang di temukan selama pelaksanaan proyek P5 serta solusi yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan di MP N 1 kemangkon melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Untuk perencanaan guru menyiapkan segala persiapan sebelum memulai pembelajaran, mulai dari tujuan, model, strategi, dan sebagainya. Kemudian dalam implementasinya, guru telah melakukan semua tahapan dari mulai memberikan orientasi kepada peserta didik, mengorganisasikan peserta didik, mendampingi peserta didik, mengembangkan, mempresentasikan dan mengumpulkan hasil, serta menganalisis dan mengevaluasi dari proses kegiatan yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sekar Ayu Widhi Astuti sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:35
Last Modified: 26 Jan 2024 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23231

Actions (login required)

View Item View Item