NILAI PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM NOVELL JANJI KARYA TERE ALIYE

Umi, Nafingatul (2024) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM NOVELL JANJI KARYA TERE ALIYE. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
UMI NAFINGATUL KHIKMAH_NILAI PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarat. Akhlak mengajarkan untuk selalu memiliki peilaku yang baik dalam hubungan kepada Allah, dan makhluknya atau dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dengan Novel Janji Karya Tere Liye, sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukan: (1) nilai pendidikan akhlak terhadap Allah mencakup perilaku bersyukur kepada Allah, bertaubat, dan tawakal, (2) nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri mencakup perilaku jujur, ikhlas, optimis, dan ikhtiar (4) nilai pendidikan akhlak terhadap sesama mencakup perilaku tolong menolong, menepati janji, dan dermawan, (5) nilai pendidikan akhlak tercela mencakup perilaku mencuri, zalim, meminum khamr, membunuh, dan marah. Penggunaan novel “Janji” sebagai sumber pembelajaran agama Islam dapat dilakukan dengan menggunakankan nilai-nilai terpilih ke dalam silabus mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX Sekolah Menengah Pertama pada pembahasan Bab II tentang jujur dan menepati janji serta Bab VII tentang hidup tenang dengan optimis, ikhtiar dan tawakal. Selanjutnya memasukan nilai pendidikan akhlak yang ditemukan ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak, Novel Janji, Sumber Pembelajaran
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Nafingatul Khikmah sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:32
Last Modified: 25 Jan 2024 08:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23230

Actions (login required)

View Item View Item