RESEPSI PEMBACA TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR'AN DALAM BUKU JIKA KITA TAK PERNAH JADI APA-APA KARYA ALVI SYAHRIN

Tyas Ayu, Aryani (2024) RESEPSI PEMBACA TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR'AN DALAM BUKU JIKA KITA TAK PERNAH JADI APA-APA KARYA ALVI SYAHRIN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TYAS AYU ARYANI_RESEPSI PEMBACA TERHADAP AYAT-AYAT AL-QUR'AN DALAM BUKU JIKA KITA TAK PERNAH JADI APA-APA KARYA ALVI SYAHRIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menguak pemaknaan yang diperoleh para pembaca terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang terdapat dalam buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa karya Alvi Syahrin. Melalui tulisan ini, penulis melakukan penelusuran terhadap pengalaman serta latar belakang pembaca dalam memahami ayat-ayat dalam buku khususnya Q.S Al-Baqarah ayat 155-157. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan etnografi digital berupa penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif-analisis. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada 14 informan melalui Instagram dan dianalisis menggunakan teori resepsi decoding Stuart Hall. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor framework of knowledge, relation of consumption, dan technical infrastructure sangat mempengaruhi pemaknaan pembaca terhadap suatu pesan. Dapat diketahui bahwa 9 informan memaknai pesan secara dominan, 4 informan memaknai pesan secara negosiasi, dan 1 informan memaknai pesan secara oposisi. Berdasarkan pengalaman yang diuraikan oleh para informan, dapat disimpulkan bahwa 13 diantaranya merasakan perubahan positif setelah membaca buku tersebut. Sedangkan, 1 diantaranya tidak merasakan perubahan berarti bahkan merasa tidak banyak terhubung dengan pembahasan yang ada di buku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resepsi; Decoding Stuart Hall; Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.5 Kritik dan Komentar Mengenai Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Tyas Ayu Aryani
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:17
Last Modified: 25 Jan 2024 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23226

Actions (login required)

View Item View Item