IMPLEMENTASI MEDIA MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS III UNGGULAN MI TAMRINUSSIBYAN 01 AL-HIKMAH BENDA SIRAMPOG BREBES

Martin, Maulana Syafi (2024) IMPLEMENTASI MEDIA MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS III UNGGULAN MI TAMRINUSSIBYAN 01 AL-HIKMAH BENDA SIRAMPOG BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MARTIN MAULANA SYAFI_IMPLEMENTASI MEDIA MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS III UNGGULAN MI TAMRINUSSIBYAN 01 AL-HIKMAHBENDA SIRAMPOG BREBES.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiaanya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan. Bagaimanapun sederhananya peradaban suatu masyarakat, di dalamnya terjadi atau berlangsung suatu proses Pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi media mind mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas III U di MI Tamrinussibyan 01 Al-Hikmah Benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Tamrinussibyan 01 Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes. Proses pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media mind mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memiliki beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan media mind mapping pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas III U MI Tamrinussibyan 01 Al-Hikmah yaitu media mind mapping pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah dengan mempersiapkan RPP yang disesuaikan dengan tujuan dan materi pelajaran. Selain itu juga mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan harus sesuai kriteria dan karakteristik pembelajaran metode mind mapping. 2) Pelaksanaan metode mind mapping pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu materi yang dipelajari telah dikemas dalam mind mapping yang dibuat oleh siswa secara berkelompok, kemudian dipresentasikan di depan kelas. Ini dibuktikan dengan suasana pembelajaran yang kondusif dan pemanfaatan waktu yang efektif. 3) Evaluasi media mind mapping pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu dengan merefleksikan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa, motivasi siswa menjadi meningkat dan ini dibuktikan dengan suasana pembelajaran yang efektif serta hasil belajar siswa yang tinggi. Kata Kunci : Implementasi, Mind mapping, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Martin Maulana Syafi
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:19
Last Modified: 26 Jan 2024 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item