Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Matematika MI Ma’arif NU Kutawis Purbalingga Kelas V Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika

Latif, Al Ahmasi (2024) Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Matematika MI Ma’arif NU Kutawis Purbalingga Kelas V Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LATIF AL AHMASI_FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang paling sulit. Siswa mengalami kesulitan memahami konsep matematika karena kurangnya kemampuan untuk menggunakan kecerdasan logika matematika dalam memahami dan menyelesaikan masalah matematika. Pembelajaran matematika menggunakan media animasi diharapkan dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektivan pembelajaran matematika dengan menggunakan media animasi terhadap kecerdasaan logika matematika di MI Ma’arif NU Kutawis kelas V. Metode penelitian yang digunakan berupa quasi eksperimen, yaitu control-group pretes posttes design. Instrumen penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal kecerdasan logika matematika. Kelas eksperimen memiliki nilai Skor rata-rata N-Gain sebesar 0,69, yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan nilai Skor rata-rata N-Gain sebesar 0,52. Berdasarkan perhitungan pesentase N-Gain menunjukkan bahwa ikelas eksperimen mencapai peningkatan kecerdasan logika matematika yang ilebih itinggi dibandingkan kelas ikontrol, dengan iskor persentase mencapai 69%, yang dikategorikan sebagai efektif. Sementara itu, kelas yang kontrol hanya mencapai 52%, yang dianggap kurang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media animasi efektif untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Animasi, Pembelajaran, Matematika.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Latif Al Ahmasi sdr
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:11
Last Modified: 26 Jan 2024 06:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23218

Actions (login required)

View Item View Item