KARAKTERISTIK DAN NILAI LOKALITAS TAFSIR JUZ 'AMMA BILLUGHAH AL-JAWIYAH KARYA K.H. CHARIRI SHOFA

Izzatunnisa, Lailatushiam (2024) KARAKTERISTIK DAN NILAI LOKALITAS TAFSIR JUZ 'AMMA BILLUGHAH AL-JAWIYAH KARYA K.H. CHARIRI SHOFA. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IZZATUNNISA LAILATUSHIAM_2017501057_KARAKTERISTIK DAN NILAI LOKALITAS TAFSIR JUZ 'AMMA BILLUGHAH AL-JAWIYAH KARYA K.H. CHARIRI SHOFA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tafsir merupakan produk manusia yang bisa dianggap benar dan salah untuk mengungkap makna yang terdapat dalam al-Qur’an. Berbeda dengan pengertian terjemahan, terjemahan adalah pengalih bahasaan dari satu bahasa kepada bahasa lainnya. Metode terjemahan untuk al-Qur’an terdapat dua macam, yakni metode harfiyah dan metode tafsiriyah. Dalam penelitian ini, penulis akan meneliti sebuah tafsir karya seorang kiai pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh-Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian ini mengambil judul “Karakteristik dan Nilai Lokalitas Tafsir Juz ‘Amma Billughah Al-Jawiyah Karya K.H. Chariri Shofa”. Fokus penelitian ini adalah ingin mengungkap karakteristik dan nilai lokalitas yang ada dalam Tafsir Juz ‘Amma Billughoh Al-Jawiyah Karya K.H. Chariri Shofa, M.Ag., yang fokus kajian tafsirnya adalah penerjemahan setiap kata dalam setiap ayatnya. Tafsir ini hanya di Juz 30 saja atau yang biasa disebut dengan Juz ‘Amma dikalangan masyarakat. Tafsir ini dari dulu sampai sekarang dikaji oleh para santri di Pondok Pesantren Darussalam dengan kurun waktu kurang lebih dua tahun. Adanya pengajian tafsir ini bermaksud untuk memberi pelajaran dasar tentang ilmu tafsir dan juga ilmu menulis makna Jawa pegon seperti pondok salaf pada umumnya. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pustaka (library research), pengumpulan data secara kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang dilakukan dengan cara melihat dari referensi berupa buku, artikel, atau tulisan yang masih berkaitan dengan penelitian ini. Beberapa hasil dari penelitian ini adalah terungkap karakteristik dan nilai lokalitas yang ada dalam Tafsir Juz ‘Amma Billughoh Al-Jawiyah, diantaranya yaitu tafsir tersebut ditulis dengan metode ijmali, corak adab al-ijtima’i. Penafsiran menggunakan pegon Jawa dan menggunakan bahasa lokal Jawa atau bandek, seperti makna pada kitab-kitab pesantren salaf pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tafsir Juz ‘Amma, Lokalitas, Terjemahan
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: IZZATUNNIS LAILATUSHIAM sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:35
Last Modified: 25 Jan 2024 08:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23217

Actions (login required)

View Item View Item