METODE AMTSÂL DALAM PENDIDIKAN TASAWUF (KAJIAN KITAB TÂJUL ‘ARUS KARYA IBNU ATTHAILAH AS-SAKANDARI)

Basuki Rahmat, BR (2024) METODE AMTSÂL DALAM PENDIDIKAN TASAWUF (KAJIAN KITAB TÂJUL ‘ARUS KARYA IBNU ATTHAILAH AS-SAKANDARI). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img] Text
TESIS LENGKAP BR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only until 1 February 2024.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah formal maupun informal yang mempunyai peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam pembentukan akhlak dan pribadi manusia. Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan pembelajar tentang agama Islam sehingga menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kemudian, dalam menyampaikan materi juga diperlukan metode yang tepat agar makna dari materi tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini akan dilakukan dengan mengkaji kitab kuning, yaitu kitab Tâjul ‘Arus karya Ibnu Atthailah As-Sakandari dengan berfokus pada metode amtsâl yang digunakan oleh penulis kitab dalam menyampaikan isinya. Tujuan Penelitian adalah untuk menjelaskan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, menganalisis jenis metode amtsâl dengan penjelasannya dan menjelaskan implementasi metode amtsâl dalam kitab Tâjul ‘Arus pada Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau library research, dengan sumber primernya yaitu kitab Tâjul ‘Arus karya Ibnu Atthailah As-Sakandari dan kitab lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil Penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, kitab Tâjul ‘Arus memaparkan tentang nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, yaitu Akhlak terhadap Nabi SAW, Keutamaan Sholat, Adab Guru terhadap Murid, Adab Murid terhadap Guru, Akhlak terhadap Para Ulama, dan Adab Mencari Ilmu. Kemudian, ditemukan total 109 perkataan dengan metode amtsâl, yaitu amtsâl musarrahah sebanyak 64 perkataan, amtsâl mursalah sebanyak 31 perkataan dan amtsâl kaminah sebanyak 14 perkataan. Kemudian, konsep metode amtsâl dalam kitab Tâjul ‘Arus pada Pendidikan Agama Islam adalah menggunakan metode yang tepat dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan perumpaan saat menjelaskan materi-materi dalam Pendidikan Agama Islam. Perumpamaan yang digunakan dapat menggambarkan keadaan manusia dalam menjalani kegiatan sehari-hari dengan berpegang pada nilai Agama Islam. Kata kunci: Tasawuf, metode amtsâl, kitab Tâjul ‘Arus, Ibnu Atthailah As-Sakandari, pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Basuki sdr
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:47
Last Modified: 29 Jan 2024 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23215

Actions (login required)

View Item View Item