STRATEGI PUBLIC RELATIONS LOKAWISATA ALAM HUTAN PINUS LIMPAKUWUS, KECAMATAN SUMBANG, KABUPATEN BANYUMAS

Nur, Safitri (2024) STRATEGI PUBLIC RELATIONS LOKAWISATA ALAM HUTAN PINUS LIMPAKUWUS, KECAMATAN SUMBANG, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nur Safitri_Strategi Public Relations Lokawisata Alam Hutan Pinus Limpakuwus Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini perkembangan dan peningkatan pariwisata telah berkembang begitu pesat. Sektor wisata juga merupakan penyumbangan perekonomian terbesar dalam suatu daerah bahkan suatu negara. Karena dengan adanya pariwisata sebuah negara atau daerah dapat memiliki penghasilan dari wisata tersebut, bahkan dinegara Indonesia pariwisata menjadi penghasil devisa nomor satu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan kepada public relations dan pengunjung wisata alam hutan pinus limpakuwus. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu yang telah di tentukan oleh penulis. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data dianalisa menggunakan reduksi data, tampilan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh public relations yakni publisitas, event, lobbying, branding, CSR, menjaga dan mempertahankan citra. Publisitas yang digunakan yaitu dengan media cetak, media sosial, dan media elektronik. Event yang dilaksanakan yaknicamping gratis,ticket bundling, dan pagelaran wayang kulit. Branding yang digunakan yakni logo dan slogan wisata ramah keluarga. Lobi yang dilakukan yakni melobi perhutani. CSR yang dilakukan yakni santunan anak yatim dan pemberdayaan masyarakat. Mempertahankan citra dengan cara selalu posting di media sosial. Tantangan yang dihadapi yakni rendahnya SDM, adanya tren wahana wisata baru, dan infrastruktur jalan yang berkelok-kelok dan minim cahaya jika malam hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Saat ini perkembangan dan peningkatan pariwisata telah berkembang begitu pesat. Sektor wisata juga merupakan penyumbangan perekonomian terbesar dalam suatu daerah bahkan suatu negara. Karena dengan adanya pariwisata sebuah negara atau daerah dapat memiliki penghasilan dari wisata tersebut, bahkan dinegara Indonesia pariwisata menjadi penghasil devisa nomor satu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan kepada public relations dan pengunjung wisata alam hutan pinus limpakuwus. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu yang telah di tentukan oleh penulis. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data dianalisa menggunakan reduksi data, tampilan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh public relations yakni publisitas, event, lobbying, branding, CSR, menjaga dan mempertahankan citra. Publisitas yang digunakan yaitu dengan media cetak, media sosial, dan media elektronik. Event yang dilaksanakan yaknicamping gratis,ticket bundling, dan pagelaran wayang kulit. Branding yang digunakan yakni logo dan slogan wisata ramah keluarga. Lobi yang dilakukan yakni melobi perhutani. CSR yang dilakukan yakni santunan anak yatim dan pemberdayaan masyarakat. Mempertahankan citra dengan cara selalu posting di media sosial. Tantangan yang dihadapi yakni rendahnya SDM, adanya tren wahana wisata baru, dan infrastruktur jalan yang berkelok-kelok dan minim cahaya jika malam hari.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Safitri sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:36
Last Modified: 26 Jan 2024 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23202

Actions (login required)

View Item View Item