NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM SAY I LOVE YOU YANG DISUTRADARAI OLEH FAOZAN RIZAL

NUR, KHASANAH (2024) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM SAY I LOVE YOU YANG DISUTRADARAI OLEH FAOZAN RIZAL. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR KHASANAH_NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM SAY I LOVE OU YANG DISUTRADARAI OLEH FAOZAN RIZAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam era milenial, terdapat banyak kasus moral yang marak terjadi di sekitar kita, baik melalui media sosial maupun langsung dalam lingkungan sekitar. Fenomena ini menjadi latar belakang penelitian ini. Untuk menghadapi hal tersebut, pentingnya pendidikan karakter menjadi mendesak. Pendidikan karakter merupakan upaya pengembangan dan pembentukan aspek kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti seseorang agar menjadi lebih baik. Ada banyak cara untuk mempelajari pendidikan karakter dalam pendidikan salah satunya yaitu dengan menggunakan media film. Salah satu contohnya yaitu film Say I love You yang disutradarai oleh Faozan Rizal. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Say I Love You yang disutradarai oleh Faozan Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Say I Love You yang disutradarai oleh Faozan Rizal. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka atau library research. Dengan menggunakan sumber data primer film Say I Love You yang disutradarai oleh Faozan Rizal sedangkan sumber data sekundernya menggunakan buku, jurnal, skripsi, dan artikel yang berkaitan dengan judul. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data, teknik yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang meliputi metode simak, catat, dan simpulkan yang dibuat dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Say I Love You yang disutradarai oleh Faozan Rizal ini terdapat nilai-nilai pendidikan karakter. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Say I Love You yang disutradarai oleh Faozan Rizal antara lain yaitu tanggung jawab, semangat kebangsaan, kreatif, religius, toleransi, kerja keras, menghargai prestasi, jujur dan peduli sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Dalam Film, film Say I Love You yang disutradarai oleh Faozan Rizal.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Khasanah sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:44
Last Modified: 25 Jan 2024 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23195

Actions (login required)

View Item View Item