PEMBERITAAN POLITIK PRESIDEN JOKO WIDODO TURUT INTERVENSI BAKAL CALON PRESIDEN 2024 DI MEDCOM.ID DAN KOMPAS.COM (Analisis Framing Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki)

Irma Rizqi Yani Solihah, Irma (2024) PEMBERITAAN POLITIK PRESIDEN JOKO WIDODO TURUT INTERVENSI BAKAL CALON PRESIDEN 2024 DI MEDCOM.ID DAN KOMPAS.COM (Analisis Framing Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Irma Rizqi Yani S._PEMBERITAAN PRESIDEN JOKOWI TURUT INTERVENSI BAKAL CAPRES 2024 di Medcom.id dan Kompas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada awal mei tahun ini, media menghebohkan publik dengan pemberitaan politik presiden yang dianggap kurang netral mengurusi bakal calon presiden yang akan melengang dalam pemilihan umum 2024. Kabar ini mencuat usai diskusi presiden Joko Widodo dengan 6 ketua partai politik di Istana Merdeka menjadi tanda awal munculnya intervensi kepala negara dalam mengurusi pemimpin Indonesia selanjutnya. Media sebagai pilar ke 4 demokrasi yang mengontrol 3 pilar sebelumnya yakni ekesekutif, yudikatif serta legislatif memiliki peranan strategis dalam menginformasikan permasalahan itu untuk kepentingan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media dapat membingkai berita politik intervensi Jokowi dalam pemilihan bakal calon presiden 2024 khususnya dalam portal Medcom.id dan Kompas.com. Adapun metode dari penelitian ini ialah metode kulitatif yang disajikan dalam bentuk kualitatif deskriptif. Metode ini pun dipergunakan dalam proses analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerlad M. Kosicki yang memiliki 4 elemen penting diantaranya sintaksis, skrip, tematik dan retoris mengenai isu ikutcampurnya presiden Joko Widodo mengurusi bakal calon presiden 2024. Hasil penelitian ini ditemukan penekanan isu yang didapat dari judul, narasumber, kutipan berita dan foto. Dimana pemberitaan dari Medcom.id lebih condong dalam menyuarakan kepentingan medianya yang terafiliasi dengan partai politik yaitu Nasdem. Sedangkan pada Kompas.com cenderung bebas dibuktikan dengan pembubuhan fakta serta naraumber yang lebih berimbang tidak hanya menyudutkan satu narasumber menjadi topik utama. Kata Kunci: Berita Politik, Presiden, Medcom.id, Kompas.com, Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Berita Politik, Presiden, Medcom.id, Kompas.com, Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki.
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik
300 Social sciences > 320 Political science
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Irma Rizqi Yani Solihah
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:56
Last Modified: 25 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item View Item