Hana Balkis, Khasna Amartia (2024) SEXUAL ABUSE PADA ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL DI KALANGAN MASYARAKAT MISKIN PEDESAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H.SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.
|
Text
Hana Skripsi-1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sexual abuse merupakan sebuah fenomena dengan permasalahan yang serius di kalangan masyarakat karena melibatkan tindakan kekerasan seksual terhadap seseorang tanpa persetujuannya. Pada penelitian ini, peneliti melakukan pengkajian pada kasus sexual abuse oleh ayah tiri terhadap anak disabilitas intelektual yang terjadi di kalangan masyarakat miskin pedesaan, tepatnya di Desa Candiwulan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek utama merupakan korban dan pelaku, kemudian subjek pendukung terdapat 5 yang terdiri dari ibu korban, tetangga korban, kepala dusun, Kepala Desa, dan Paraji. Data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis untuk ditarik kesimpulam Hasil penelitian ditemukan bahwa tindakan sexual abuse telah berlangsung selama hampir 12 tahun yang berawal dari pelecehan seksual, pemerkosaan hingga akhirnya menjadi perbudakan seksual. Faktor yang mempengaruhi tindakan sexual abuse adalah faktor internal pelaku, faktor internal korban, dan faktor lingkungan. Dampak dari tindakan sexual abuse berupa ketakutan korban terhadap pelaku dan kehamilan berulang yang tidak diinginkan. Kata Kunci: Sexual Abuse, Anak Disabilitas Intelektual, Masyarakat Miskin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sexual Abuse, Anak Disabilitas Intelektual, Masyarakat Miskin. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.15 Psikologi Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Hana Balkis Khasna Amartia sdri |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 06:22 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 06:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23171 |
Actions (login required)
View Item |