TEKNIK ANALISA STATISTIK PADA SKRIPSI KUANTITATIF MAHASISWA TARBIYAH (PENDIDIKAN) STAIN PURWOKERTO PERIODE MUNAQOSYAH 2010-2012

Mutijah, Dr (2014) TEKNIK ANALISA STATISTIK PADA SKRIPSI KUANTITATIF MAHASISWA TARBIYAH (PENDIDIKAN) STAIN PURWOKERTO PERIODE MUNAQOSYAH 2010-2012. In: Konferensi Nasional Matematika, 11-14 Juni 2014, Surabaya.

[img]
Preview
Text
TEKNIK ANALISA STATISTIK PADA SKRIPSI KUANTITATIF MAHASISWA TARBIYAH.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Metode penelitian kuantitatif identik dengan metode penelitian yang teknik analisa datanya menggunakan teknik analisa statistik. Penelitian terhadap skripsi mahasiswa jurusan tarbiyah (pendidikan) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto pada periode Munaqosyah 2010-2012 menunjukkan bahwa dari skripsi sebanyak 300 di perpustakaan STAIN Purwokerto hanya 30 skripsi yang metode penelitiannya menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hal ini berarti bahwa hanya terdapat 10 % saja dari mahasiswa jurusan tarbiyah (pendidikan) STAIN Purwokerto yang boleh dikatakan tertarik dan berminat berurusan dengan statistika. Akan tetapi juga dapat dikatakan tidak semua dari yang hanya 30 mahasiswa tersebut berminat berurusan dengan rumus-rumus statistik yang terlalu rumit. Ini dibuktikan dari 30 skripsi kuantitatif mahasiswa jurusan tarbiyah (pendidikan ) STAIN Purwokerto periode Munaqosyah 2010- 2012 terdapat 16 skripsi mahasiswa yang menggunakan metode analisa data dengan menggunakan statistik deskriftif yang artinya ada 14 skripsi kuantitatif yang menganalisis datanya menggunakan statistik inferensial. Artinya dapat dikatakan hanya 14 mahasiswa dari 30 mahasiswa yang berminat berurusan dengan rumus-rumus statistik yang lebih rumit. Berdasarkan penelitian, dari 14 skripsi kuantitatif mahasiswa jurusan tarbiyah (pendidikan) STAIN Purwokerto periode Munaqosyah 2010-2012 yang menggunakan menganalisis datanya menggunakan statistik inferensial itupun masih terdapat ketidaktepatan dalam pemilihan teknik analisa statistik dan ada beberapa hal yang tidak seharusnya dilakukan pada skripsi kuantitatif. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketidaktepatan atau kekeliruan dalam pemilihan teknik analisa statistik pada skripsi kuantitatif mahasiswa jurusan tarbiyah (pendidikan) STAIN Purwokerto periode Munaqosyah 2010-2012 dan hal yang seharusnya tidak dilakukan skripsi kuantitatif mahasiswa jurusan tarbiyah (pendidikan) STAIN Purwokerto periode Munaqosyah 2010-2012. Hasil penelitian terhadap kajian 30 skripsi kuantitatif mahasiswa jurusan tarbiyah (pendidikan) STAIN Purwokerto didapatkan Empat bentuk ketidaktepatan dalam teknik analisa statistik dan dua hal yang seharusnya tidak dilakukan dalam skripsi kuantitatif. Empat bentuk ketidak tepatan tersebut adalah : 1. Ketidaksesuaian skala pengukuran variabel dengan teknik statistik yang dipilih. Ketidaktepatan ini ditemukan pada sebuah contoh skripsi dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar di TPA terhadap prestasi belajar pada sebuah mata pelajaran di suatu sekolah. Teknik analisis datanya menggunakan teknik regresi linier Y = A + BX (1) dan korelasi product moment r = n ∑ XY - ∑ X ∑ Y √n ∑ X 2−(∑ X)2 √n ∑ Y 2− (∑ Y)2 (2) Teknik analisa statistik yang digunakan dalam skripsi ini tidak tepat karena dalam skripsi ini data dalam skala pengukuran variabel adalah ordinal. 2. Ketidaksesuaian tujuan penelitian atau bentuk hipotesis penelitian dengan teknik statistik yang dipilih. Masalah ini didapatkan pada skripsi yang bertujuan untuk mengetahui informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keberagamaan siswa. Tidak tepat kalau menganalisis datanya dengan menggunakan statistik deskriptif dikarenakan tujuan penelitian tersebut merupakan sebuah bentuk hubungan antar variabel. 3. Ketidaksesuaian sumber data yang ditetapkan dengan teknik statistik yang dipilih. Ketidaksesuaian ini dijumpai pada skripsi yang bermaksud mengetahui hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Data variabel X diperoleh dari angket orang tua siswa dan data variabel Y diperoleh dari dokumen sekolah. Teknik analisa datanya menggunakan korelasi product moment sebagaimana dalam persamaan (2), ini tidak tepat sebab korelasi product moment digunakan apabila sumber data dari dua variabel sama sebagaimana dalam Irianto [1]. 4. Ketidaktepatan interpretasi hasil analisis statistik. Permasalahan ini ditemukan pada skripsi mahasiswa yang meneliti hubungan antara variabel X dan variabel Y menggunakan teknik analisa statistik korelasi product moment sebagaimana dalam persamaan (2) dengan hipotesis penelitiannya adalah H0 : r = 0 dan H1 : r ≠ 0. Hasil perhitungan r = 0,13 langsung disimpulkan bahwa ada korelasi antara variabel X dengan variabel Y tanpa dikonsultasikan dengan tabel r. Sedangkan dua hal yang seharusnya tidak dilakukan dalam skripsi kuantitatif mahasiswa jurusan tarbiyah (pendidikan) STAIN Purwokerto adalah 1. Penyajian data mentah yang terlalu panjang atau banyak ( sampai 6-7 halaman). 2. Hasil perhitungan analisa statistik secara manual tidak menggunakan software.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 27 Mar 2017 08:33
Last Modified: 06 Nov 2019 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item