PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBASIS REALISTIK ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS AL-IKHSAN BEJI

Nurul, Khasanah (2024) PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBASIS REALISTIK ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTS AL-IKHSAN BEJI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripi Nunu siap Aploud 2.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Kemampuan pemahaman konsep matematika pada dasarnya merupakan hal pokok dan utama sebelum siswa mempelajari ke penjelasan materi yang lebih dalam lagi. Ibarat membangun rumah, mempelajari konsep dasar matematika adalah pondasi terbangunnya pemahaman materi tertentu dari matematika yang sedang dipelajari. Media pembelajaran yang menunjang terlaksananya pembelajaran matematika realistik islami ini diantaranya ada buku sumber, modul, LKPD (Lembar Kinerja Peserta Didik), dan sebagainya. Media pembelajaran berupa pocket book atau buku saku merupakan media pembelajaran yang berukuran lebih praktis karena memiliki ukuran yang keci dan ringan sehingga mudah dibawa kapanpun dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pocket Book berbasis realistik islami yang valid dan efektif untuk mengkatkan pemahaman konsep mtematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII semester 2. Adapun metode penelitian yang akan dilakukan menggunakan metode penelitian Ressearch and Development. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pocket Book berbasis realistik islami dinyatakan cukup valid digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran materi bangun ruang sisi datar kelas VIII semester 2. Berdasarkan hasil uji validasi dilakukan oleh tiga ahli yakni ahli materi mendapat skor 3,08 dengan kriteria cukup valid, ahli bahan ajar mendapat skor 3,87 dengan kriteria valid, dan ahli konteks islami mendapat skor 2,63 dengan kriteria cukup valid. Selain itu media pembelajaran Pocket Book berbasis realistik islami tidak efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa terkait materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan uji analisis menggunakan N-Gain, peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen mendapat skor-rata-rata sebesar 0,24 dengan kategori rendah. Meskipun masih dalam kategori rendah, namun pada kelas eksperimen ini mengalami peningkatan dalam angka rata-ratanya antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Pocket Book berbasis realistik islami. Selanjutnya hasil skor N-Gain pada kelas kontrol rata-ratanya sebesar 0,55 dengan kategori tinggi dan terjadi peningkatan rata-rata juga antara sesudah dengan sebelum pembelajaran bangun ruang isi datar. Kata Kunci : Konteks Islam, Pemahaman Konsep Matematika, Pocket Book

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konteks Islam, Pemahaman Konsep Matematika, Pocket Book
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nurul Khasanah sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:03
Last Modified: 25 Jan 2024 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23168

Actions (login required)

View Item View Item