KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN NAHWU PADA SISWA KELAS 7 MADRASAH WUSTHO KARANGSUCI PURWOKERTO UTARA BANYUMAS

Mualifah, Ifah (2024) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN NAHWU PADA SISWA KELAS 7 MADRASAH WUSTHO KARANGSUCI PURWOKERTO UTARA BANYUMAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
2017403111.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Latar belakang yang mendasari adanya penelitian ini adalah ketertarikan terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran Nahwu dan penerapannya dalam berbagai bentuk kreativitas di kelas 7 yang pada dasarnya siswa kelas 7 adalah siswa baru yang pada umumnya sebelumnya belum mempelajari ilmu Nahwu. Demi menunjang adanya pembelajaran yang efektif dan meningkatkan kualitas belajar siswa dalam mempelajari Ilmu Nahwu, yang mana pada umumnya adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan pengajarannya kebanyakan monoton, namun di Madrasah Wustho Karangsuci tepatnya di kelas 7 Madrasah Wustho guru menerapkan kreativitasnya dalam mengajar ilmu Nahwu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menyajikan pembelajaran Nahwu kepada siswa kelas 7 di Madrasah Wushto Karangsuci. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kreativitas dan materi pembelajaran Nahwu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Nahwu di kelas 7 Madrassah Wustho memiliki kreativitas yang mumpuni terutama dalam meninglatkan efektifitas pembelajaran Nahwu. Kreativitas ini tercermin dalam penggunaan metode mengajar yang dan kreatif seperti kuis, diskusi kelompok, bernyanyi, dan permainan edukatif dan juga penggunaan dan pemanfaatan media sebagai sarana pendukung pembelajaran yang efektif seperti dengan menggunakan media visual berupa kertas bergambar yang didalamnya terdapat materi belajar dan media audio visual berypa video animasi tentang materi pembelajaran Nahwu. Kreativitas guru dalam pembelajaran Nahwu memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa. Siswa-siswa kelas 7 menunjukkan peningkatan minat dan motivasi belajar mereka, serta kemampuan memahami konsep-konsep Nahwu. Kata Kunci: Pembelajaran Nahwu, Kreativitas Guru Abstract: The background underlying this research is interest in teacher creativity in Nahwu learning and its application in various forms of creativity in grade 7, where basically grade 7 students are new students who generally have not studied Nahwu before. In order to support effective learning and improve the quality of student learning in studying Nahwu Science, which is generally a difficult subject and the teaching is mostly monotonous, however at Madrasah Wustho Karangsuci, to be precise in class 7 Madrasah Wustho, teachers apply their creativity in teaching Nahwu science . This research aims to describe teacher creativity in presenting Nahwu learning to grade 7 students at Madrasah Wushto Karangsuci. This research is qualitative research with data collection techniques using observation, interviews and document analysis related to Nahwu's creativity and learning materials. The research results show that Nahwu teachers in class 7 Madrassah Wustho have great creativity, especially in increasing the effectiveness of Nahwu learning. This creativity is reflected in the use of creative teaching methods such as quizzes, group discussions, singing and educational games and also the use and utilization of media as a means of supporting effective learning such as using visual media in the form of picture paper containing learning materials and audio-visual media. in the form of animated videos about Nahwu learning materials. Teacher creativity in Nahwu learning has a positive impact on student understanding. Grade 7 students showed an increase in their interest and motivation to learn, as well as the ability to understand Nahwu concepts. Keywords: Nahwu Learning, Teacher Creativity

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Nahwu, Kreativitas Guru
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mualifah Mualifah sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:02
Last Modified: 26 Jan 2024 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23167

Actions (login required)

View Item View Item