KURIKULUM BERBASIS INKLUSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS

Afifah, Irli Annisa (2024) KURIKULUM BERBASIS INKLUSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AFIFAH IRLI ANNISA_KURIKULUM BERBASIS INKLUSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum pembelajaran bahasa Arab adalah seperangkat rencana tentang isi, tujuan, bahan ajar dan cara yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan proses belajar mengajar bahasa Arab agar tujuan pendidikan bahasa Arab dapat tercapai. Pendidikan inklusi merupakan akses pendidikan untuk peserta didik yang mempunyai keterbatasan khusus dan keperluan pembelajaran yang luar biasa. Sehingga dalam hal ini, perlu adanya upaya modifikasi didalamya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab dan implementasinya pada sekolah inklusi. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Harapan Bunda karena telah menerapkan pendidikan inklusi dengan memiliki siswa berkebutuhan khusus, memiliki Tim Special Needs yang di dalamnya terdapat guru pendamping khusus, dan melmiliki kurikulum khusus untuk siswa ABK. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian skripsi ini yaitu Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Inklusi dan Implementasinya. Dalam mengumpulkan data, cara yang digunakan melalui observasi, wawancara terlibat, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa kurikulum pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut adalah kurikulum pemerintah dan kurikulum modifikasi yang dipadukan dengan kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu. Dalam implementasinya bahwa tujuan, isi, strategi dan evaluasi pada kurikulum 2019 diubah dengan mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Implementasi, Pembelajaran bahasa Arab, Pendidikan Inklusi.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: AFIFAH IRLI ANNISA sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:08
Last Modified: 25 Jan 2024 04:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23161

Actions (login required)

View Item View Item