ANALISIS STRATEGI PROMOSI DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM KERIPIK TEMPE BU DAMILAH PURWOKERTO KIDUL, KABUPATEN BANYUMAS

Annisa, Nurul Febrianti (2024) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM KERIPIK TEMPE BU DAMILAH PURWOKERTO KIDUL, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANNISA NURUL FEBRIANTI_ANALISIS STRATEGI PROMOSI DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM KERIPIK TEMPE BU DAMILAH PURWOKERTO KIDUL, KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Promosi melibatkan tindakan untuk meningkatkan skala, memperluas pangsa pasar, melakukan inovasi produk, dan menciptakan inovasi dalam pasar. Usaha Keripik Tempe Bu Damilah Purwokerto Kidul masih bersifat tradisional karena UMKM dan belum mengandalkan promosi untuk memperluas pembeli. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilaksanakan usaha keripik tempe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang analisis strategi promosi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan pada UMKM Keripik Tempe Bu Damilah. Partisipan dalam penelitian yaitu pemilik, lima karyawan UMKM Keripik Tempe Bu Damilah dan beberapa konsumen Keripik Tempe Bu Damilah. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Instrumen yang digunakan baik untuk wawancara maupun observasi adalah catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keripik tempe Bu Damilah telah melengkapi pembuatan NIB, sertifikat PIRT, sertifikat UMKM, dan sertifikat halal yang mencerminkan komitmen pada kualitas dan standar tinggi. Bentuk strategi promosi yang diterapkan adalah pemberian bonus. Bonus tidak hanya diberikan kepada pelanggan loyal, tetapi juga kepada konsumen baru yang melakukan pembelian dalam jumlah besar. Untuk menjaga loyalitas pelanggan dalam bisnis keripik tempe dibagi menjadi dua yaitu bagi pelanggan baru adalah memberikan bonus 1 bungkus dengan pembelian minimal 10 bungkus. Sementara itu, untuk pelanggan yang telah lama, dengan membeli dua bungkus maka mendapatkan satu bonus keripik tempe. Namun, promosi keripik tempe Bu Damilah masih kurang karena belum mampu memanfaatkan momentum hari besar dan menggunakan jasa influencer. Alasannya karena resiko yang terlalu tinggi. Kata Kunci : Promosi, loyalitas pelanggan, UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi, loyalitas pelanggan, UMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa Nurul Febrianti sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:34
Last Modified: 25 Jan 2024 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23155

Actions (login required)

View Item View Item