Pelaksanaan Pembelajaran PAI dalam Krikulum Merdeka di SMP Negeri kejobng Purbalingga

indah, setianingsih (2024) Pelaksanaan Pembelajaran PAI dalam Krikulum Merdeka di SMP Negeri kejobng Purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INDAH TRI SETIANINGSIH_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKADISMP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Melihat kualitas pendidikan yang semakin menurun, Mendikbud menjadikan kurikulum merdeka sebagai solusi untuk meningkatkan kembali kualitas pendidikan di Indonesia.Dengan adanya kurikulum merdeka ini akan menjadi penyempurna dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum merdeka ini juga sebagai titik tolak perubahan pada konsep pembelajaran PAI yang sejauh ini dinilai sebagai pembelajaran yang mengutamakan pendidikan karakter saja, sehingga dinilai sangat monoton dan membosankan bagi peserta didik. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka kelas 7 di SMP Negeri 2 kejobong. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu redukasi data penyajian data penarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 kejobong pada tahun ajaran 2022/2023 baru diterapkan pada kelas 7 dan kelas 8 sedangkan kelas 9 masih menggunakan kurikulum 2013. Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Kejobong kelas 7 terbagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu dengan membuat Tujuan pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan modul ajar. Sedangkan proses pelaksanaannya meliputi 3 tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan sama seperti di kurikulum 2013. Pada kegiatan inti guru melaksanakan pembelajaran berbasis proyek walaupun belum optimal karena terkendala LCD proyektor. Pada kegiatan penutup sama seperti kurikulum 2013. Kemudian evaluasi yang dilakukan dengan dua cara yaitu asesmen formatif dan assesmen sumatif. assesmen formatif dapat dilaksanakan di dalam pembelajaran seperti diskusi. Sedangkan asesmen sumatifnya berupa ulangan harian, UTS, dan UAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pendidikan agama islam, kurikulum merdeka
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Tri Setianingsih sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:25
Last Modified: 25 Jan 2024 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23150

Actions (login required)

View Item View Item