NILAI-NILAI HUMANISME DALAM FILM TITIR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

FITRI, INDRIYANI (2024) NILAI-NILAI HUMANISME DALAM FILM TITIR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FITRI INDRIYANI_NILAI-NILAI HUMANISME DALAM FILM TITIR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ruang lingkup proses pendukung dan pengembangan potensi siswa dan kesejahteraan guru sampai saat ini masih belum dilaksanakan secara optimal seperti kurangnya fasilitas yang memadai disekolah. Bahkan dikalangan masyarakat pun gerakan humanisme dalam hal gotong-royong, tolong menolong, toleransi dan solidaritas berkurang. Berdasarkan data tersebut menunjukkan telah terjadi kemerosotan gerakan humanis dikalangan pendidikan dan masyarakat. Upaya dalam membentuk dan menanamkan nilai humanisme salah satunya dengan memberikan sumber belajar melalui media film yang mampu mengandung nilai pendidikan yaitu dengan tayangan film Titir karya Sani Al Kindi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep nilai-nilai humanisme dalam film Titir dan bagaimana relevansinya dengan pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Sumber primer berupa film Titir dalam tayangan youtube dan buku terkait cerita film. Sumber sekunder meliputi referensi yang berhubungan pada fokus penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini pendekatan analisis isi (content analysis). Adapun hasil penelitian ini pada film Titir karya Sani Al Kindi terdapat 6 nilai-nilai humanisme yang merujuk pada pendapat Hardiman tokoh filsafat dari Indonesia yaitu (1) Nilai kebebasan yaitu dalam bentuk kebebasan berkumpul dan berserikat, (2) Nilai kerjasama yaitu ketika ketiga murid kyai Dahlan mengeluarkan barang-barang lelang, (3) Nilai rela berkorban yaitu dalam bentuk berkorban dengan keikhlasan dan bersedekah, (4) Nilai peduli terdapat 5 hal yaitu kepedulian Nyai Walidah, peduli warga yang tidak mau membawa pulang barang lelang, peduli mencari jalan keluar, menggerakan umat dan peduli atas pertanggung jawaban diakhirat, (5) Nilai tolong-menolong dalam hal gotong-royong membersihkan ruang kelas bersama, (6) Nilai solidaritas terdapat 3 bentuk yaitu kebersamaan, simpati dan empati. Adapun nilai-nilai humanisme dalam film Titir tersebut memiliki relevansi dengan pendidikan Islam yang meliputi pada 3 aspek yaitu nilai akidah, nilai syariat dan nilai akhlak. Yang kedua yaitu pada nilai peduli pada pertanggungjawaban diakhirat yang relevan dengan praktek pengajaran pendidikan Islam yaitu metode nasihat pengambilan pelajaran dan peringatan. Kata Kunci : Film Titir, Nilai-nilai humanisme, Nilai Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film Titir, Nilai-nilai humanisme, Nilai Pendidikan Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitri Indriyani sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:27
Last Modified: 25 Jan 2024 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23135

Actions (login required)

View Item View Item