PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI MTS NEGERI 2 PURBALINGGA

Zahrotusy, Sya'diyah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI MTS NEGERI 2 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zahrotusy Sya'diyah_Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTs Negeri 2 Purbalingga.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan ide atau gagasan matematika yang dapat dilakukan secara lisan ataupun tertulis serta kemampuan dalam memahami atau menerima gagasan matematis orang lain. Pembelajaran di MTs Negeri 2 Purbalingga siswa masih memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis yang rendah, dikarenakan pembelajaran yang masih menggunakan media pembelajaran konvensional dan kurang melibatkan siswa, hal ini menyebabkan siswa susah dalam memahami materi. Pemilihan media pembelajaran menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dan diterapkan. Perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin maju, maka media pembelajaran yang dikembangkan juga harus lebih inovatif apalagi jika melibatkan peran teknologi di dalamnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTs Negeri 2 Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil persentase pada validasi ahli materi sebesar 91,66%, ahli media sebesar 93,3%, penilaian guru sebesar 92,5%, penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 88,81%, dan penilaian uji lapangan sebesar 92,68%. Selanjutnya, media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan hasil uji-t mendapatkan sigifikansi 0,000 dimana hasil tersebut lebih kecil dari batas signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Mathematical communication skills are students ability to convey mathematical ideas or ideas which can be done orally or in writing as well as the ability to understand or accept other people's mathematical ideas. Learning at MTs Negeri 2 Purbalingga students still have a low level of mathematical communication skills, because learning still uses conventional learning media and does not involve students, this causes students to have difficulty understanding the material. The choice of learning media is an important thing to pay attention to and apply. The development of science and technology is increasingly advanced, so the learning media developed must also be more innovative, especially if it involves the role of technology in it. Therefore, the aim of this research is to develop valid and effective android based interactive learning media to improve students’ mathematical communication skills in class VII social arithmetic material at MTs Negeri 2 Purbalingga. The research method used in this research is Research and Development (R&D). The results of this study indicate that the android based learning media is declared valid and suitable for use with percentage results in the validation of material expert by 91.66%, media experts by 93.3%, teacher assessment by 92.5%, small group test assessment by 88.81%, and the field test assessment is 92,68%. Furthermore, the android based learning media developed is effective in improving students' mathematical communication skills with the t-test results getting a significance of 0.000 where the results are smaller than the significance limit of 0.05, so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Android; Kemampuan Komunikasi Matematis; Media Pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Zahrotusy Sya'diyah sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:44
Last Modified: 25 Jan 2024 03:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23131

Actions (login required)

View Item View Item