IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS PERMULAAN DI KB AISIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG

Ghina, Pratiwi Sajdah (2024) IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS PERMULAAN DI KB AISIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ghina Pratiwi Sajdah__IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS PERMULAAN DI KB AISIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan anak berbeda-beda baik dalam kreativitas maupun bakat, minat, kematangan emosi, kepribadian sosial dan keadaan jasmaninya. Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mempersiapkan kematangan anak-anak sebelum masuk ke Sekolah Dasar. Segala aspek perkembangan harus diperhatikan. Namun, dewasa ini, kurikulum Sekolah Dasar semakin menuntut siswa untuk sudah bisa membaca dan menulis permulaan. Maka penting bagi anak usia dini untuk memiliki pribadi yang kreatif dan dibutuhkan rangsangan untuk mengembangkannya. Munculnya kreativitas itu sendiri terjadi karena adanya interaksi pribadi dengan lingkungan yang ada di sekitar. Kreatifitas akan muncul apabila berada dalam suasana yang mendukung dan metode belajar yang sesuai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kualitatif sering disebut juga metode Naturalistik karena penelitian yang di lakukan pada penelitian yang dilakukan pada kondisi sebenarnya (natural setting). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode Montessori dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak di KB Aisiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng penerapannya sangat efektif dalam mengembangkan motorik anak. Sesuai dengan observasi peneliti, metode ini membebaskan anak untuk mengeksplorasi lingkungannya, mengajarkan kemandirian, dan berbagai kegiatan menarik seperti kegiatan eksperimen, demonstrasi, dan latihan-latihan practical life, sehingga perkembangan motorik anak dapat berkembang dengan pesat. Sehingga kemampuan membaca dan menulis anak semakin terangsang dan terasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Montesori, Motorik Halus, Menulis Permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ghina Pratiwi Sajdah sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:13
Last Modified: 25 Jan 2024 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23127

Actions (login required)

View Item View Item