STRATEGI KEMITRAAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI MA HUFFADH AL ITQONIYYAH DESA MAJAPURA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Sofi, Fajriyah (2024) STRATEGI KEMITRAAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI MA HUFFADH AL ITQONIYYAH DESA MAJAPURA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Sofi Fajriyah_1917401023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi kemitraan program tahfidzul Qur’an di MA Huffadh Al Itqoniyyah Desa Majapura Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Dalam strategi kemitraan, penting untuk melibatkan lembaga-lembaga pendidikan agama seperti pondok pesantren dan madrasah. Dengan demikian, program tahfidzul Qur’an mendapatkan dukungan dan bimbingan dari para ulama atau pengajar yang berpengalaman dalam bidang pengajaran al-Qur’an. Karena kunci dari keberhasilan strategi kemitraan adalah menjaga komunikasi yang efektif antara semua pihak yang terlibat. Komunikasi yang baik akan memastikan pemahaman yang jelas mengenai tujuan, harapan, dan tantangan program tahfidzul Qur’an dengan baik untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek yang diteliti adalah kepala madrasah dan guru tahfidz atau guru pendamping. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil yang diteliti meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program tahfidzul Qur’an. Kata Kunci : Strategi Kemitraan, Program Tahfidzul Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kemitraan, Program Thfidzul Qur'an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sofi Fajriyah sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:11
Last Modified: 25 Jan 2024 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23119

Actions (login required)

View Item View Item