STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA MADRASAH DINIYAH AL - ITTIHAAD DESA PASIR LOR

Mokhamad, Al`Abdussolih (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA MADRASAH DINIYAH AL - ITTIHAAD DESA PASIR LOR. Skripsi thesis, UIN K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img] Text
Mokhamad Al`Abdussolih_STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA MADRASAH DINIYAH AL-ITTIHAAD DESA PASIR LOR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam membina dan meningkatkan akhlakul karimah pada siswa madrasah diniyah al ittihaad diperlukan strategi yang tepat dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi komunikasi yang diterapkan di Madrasah Diniyah Al-Ittihaad di Desa Pasir Lor dalam meningkatkan akhlakul karimah pada siswanya. Dalam konteks ini, penelitian fokus pada peran strategi komunikasi dalam memfasilitasi proses pembentukan akhlakul karimah, yang mencakup nilai-nilai moral positif dan perilaku baik sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) di mana jenis penelitian lapangan (Field Research) adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan di tempat subyek dan objek berada, dalam penelitian ini, tipe pendekatan yang dipilih yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini hanya memaparkan situasi atau peristiwa dan tidak mencari atau menjelaskan hubungan serta tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. metode pengumpulan data yang dilakukan berupa studi kasus, observasi, wawancara, analisis dokumen dan dokumentasi. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi strategi komunikasi, Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan di Madrasah Diniyah Al Ittihaad Desa Pasir Lor adalah strategi komunikasi interpersonal yang bersifat mendidik, mengarahkan. Membimbing, membina, intruksi, motivasi dan inspirasi kepada siswa, Komunikasi interpersonal di madrasah diniyah al ittihaad berbentuk diadik, kelompok kecil, dan kelompok besar. Komunikasi interpersonal yang diterapkan di Madrasah Diniyah Al Ittihaad tepat dan efektif. Siswa memberikan respon yang baik dengan perubahan sikap menjadi lebih baik, hal ini dapat memberikan hasil yang positif dalam membantu siswa memahami, menerima, dan menerapkan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Akhlakul Karimah, Madrasah Diniyah Al�Ittihaad, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mokhamad Al'abdussolih sdr
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:50
Last Modified: 01 Feb 2024 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23112

Actions (login required)

View Item View Item