PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 MATERI LAMBANG NEGARA KELAS 3

Dwi, Rahmawati (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 MATERI LAMBANG NEGARA KELAS 3. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dwi Anggraeni Rahmawati_Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articula.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan produk pengembangan media interaktif, menjelaskan hasil validasi yang dilakukan oleh validator media, validator materi, menjelaskan tingkat kemenarikan dan keaktifan media yang digunakan pada pembelajaran tematik tema 8 materi lambang negara pada kelas 3. Penelitiann yang dilakukan ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya menggunakan teknik observasi, validasi produk, dokumentasi, dan berupa angket kemenarikan media. Hasil dari penelitian pengembangan menunjukan bahwa: Hasil produk media yang dilakukan oleh validator media memperoleh persentase 64% kategori cukup layak, validasi ahli materi 91% kategori sangat baik, keduanya menunjukan bahwa media valid dan layak digunakan, tingkat kemenarikan media diperoleh melalui hasil angket dengan persentase 77% yang berarti cukup menarik, tingkat keaktifan media diperoleh 70% kategori cukup aktif dan 54% tidak aktif dalam tanya jawab. Pengembangan media yang dikembangkan oleh peneliti termasuk kedalam kategori valid atau layak digunakan pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline, Lambang Negara, Pengembangan Media
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Anggraeni Rahmawati
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:50
Last Modified: 25 Jan 2024 08:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23108

Actions (login required)

View Item View Item