ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUDIDAYA IKAN CUPANG (BETTA FISH) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Peternak Ikan Cupang Hias ‘Blekatir Betta’ Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas)

ACHMAD, ZEIN (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUDIDAYA IKAN CUPANG (BETTA FISH) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Peternak Ikan Cupang Hias ‘Blekatir Betta’ Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ACHMAD ZEIN_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUDIDAYA IKAN CUPANG BETTA FISH UNTUK MENINGKATKAN VOLU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Popularitas ikan cupang sebagai objek penelitian bisa dikaitkan dengan aspek estetika yang menonjol. Keindahan dan variasi warna yang luar biasa pada ikan cupang membuatnya menarik bagi pecinta ikan hias Selain itu, ikan cupang menawarkan potensi bisnis yang menjanjikan. Kecenderungan meningkatnya minat masyarakat terhadap hobi akuarium dan ikan hias menciptakan pangsa pasar yang signifikan untuk ikan cupang. Melalui makroekonomi, dapat diidentifikasi peluang bisnis yang mungkin terbuka di sektor ini, seperti peningkatan penjualan peralatan akuarium, makanan ikan khusus, atau produk perawatan ikan. Bapak Sukir telah aktif dalam dunia ikan hias, khususnya pada perikanan ikan cupang. Ketertarikan awalnya muncul dari keindahan sirip dan warna ikan cupang itu sendiri. Karena mudah dirawat, Bapak Sukir mulai membudidayakan ikan cupang sebagai usaha sampingan. Blekatir Betta fokus dalam budidaya beberapa jenis ikan cupang, seperti Ikan Cupang Veiltail, Ikan Cupang Double Tail, Ikan Cupang Combtail, Ikan Cupang Halfmoon, dan jenis lainnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan tahapan reduksi data, penyajian data, penyimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Blekatir Betta dalam meningkatkan volume penjualan ikan cupang menggunakan bauran pemasaran 4P, yang melibatkan strategi produk dengan mengutamakan ikan cupang hias dengan keindahan siripnya. Strategi harga dipertimbangkan agar sesuai dengan biaya produksi dan terjangkau bagi konsumen. Distribusi dilakukan melalui kanal online dan offline, sementara strategi promosi melibatkan personal selling, advertensi, dan promosi penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Penjualan, Ikan Cupang
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Achmad Zein
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:11
Last Modified: 26 Jan 2024 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23095

Actions (login required)

View Item View Item