IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MI MA’ARIF NU PASIR KULON KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Fairuz, Nida Salsabila (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MI MA’ARIF NU PASIR KULON KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fairuz_Nida_Salsabila_Implementasi_Pembelajaran_IPAS_Dalam_Kurikulum_Merdeka_Di_MI_Ma'arif_NU_Pasir_Kulon_Kecamatan_Karanglewas_Kabupaten_Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kementrian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka pemulihan pembelajaran selama tahun 2022-2024. Kurikulum tersebut akan diterapkan seluruh sekolah di Indonesia. Salah satunya adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang digabung menjadi satu kesatuan mata pelajaran. Penerapan Kurikulum Merdeka di sejumlah madrasah terdapat keragaman pelaksanaan. Penelitian ini mendeskripsikan Implementasi pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Implementasi pembelajaran IPAS dalam kurikulum merdeka di MI Ma’arif NU Pasir Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran IPAS terbagi menjadi tiga yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (penilaian). Perencanaan pembelajaran dengan mengembangkan capaian pembelajaran yang kemudian dikembangkan untuk menjadi modul ajar untuk dipakai sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Untuk pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, peserta didik terlihat aktif serta mengikuti pembelajaran dengan tertib. Evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan baik, guru melakukan penilaian dari dua bentuk asesmen, yang pertama dari asesmen formatif yang sudah dilaksanakan, kedua dari asesmen sumatif yang diadakan setiap akhir semester dan digunakan sebagai nilai akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fairuz Nida Salsabila
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:42
Last Modified: 25 Jan 2024 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23093

Actions (login required)

View Item View Item