MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MUHAMMADIYAH KARANGTALUN KIDUL BANYUMAS

Cahya Tiara, fajrianing (2024) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MUHAMMADIYAH KARANGTALUN KIDUL BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cahya Tiara Fajrianing_Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah Sebagai Upaya Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Muhammadiyah Karangtalun Kidul Banyumas .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Madrasah adalah sekolah umum yang berciri khas Islam. Madrasah mengajarkan pengetahuan umum yang sama dengan sekolah-sekolah umum sederajat. Hanya saja yang membedakan madrasah dengan lembaga pendidikan umum adalah banyaknya pengetahuan agama yang diberikan, yang merupakan ciri khas Islam. Hasil penelitian melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi menyatakan bahwa upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan prestasi yang dicapai oleh MI Muhammadiyah Karangtalun Kidul Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Muhammadiyah Karangtalun Kidul Banyumas. Dalam implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Muhammadiyah Karangtalun Kidul Banyumas ini dengan merekrut atau menjadi kepala madrasah yang profesional, merekrut guru yang profesional, membentuk partisipasi bersama masyarakat sekitar madrasah seperti membentuk paguyuban wali kelas, motivasi atau tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, mampu mengalokasikan anggaran atau dana, menciptakan lulusan yang baik, meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar dan menerima peserta didik baru. Manajemen yang digunakan tidak lepas dari empat fungsi manajemen diantaranya perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengarahan. Dalam mencapai perencanaan perlu menentukan subyek yang akan terlibat, cara atau metode yang akan digunakan dan waktu pelaksanaannya. Pengorganisasian dengan adanya pemetaan tuas kepada orang orang yang ada dilingkungan kerja, pengarahan dengan memberikan petunjuk atau bimbingan yang seharusnya dilakukan, pengawasan untuk melihat sejauh mana hasil yang sudah dicapai dan apa yang harus diperbaiki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Madrasah, Pendidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cahya Tiara Fajrianing sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:43
Last Modified: 25 Jan 2024 03:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23091

Actions (login required)

View Item View Item