PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL DAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN BAGI SISWA DI MI MA’ARIF NU 1 KEDUNGWRINGIN

ALMA, ZULFIKA RANI (2024) PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL DAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN BAGI SISWA DI MI MA’ARIF NU 1 KEDUNGWRINGIN. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ALMA ZULFIKA RANI_1917405067.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di setiap sekolah terdapat kegiatan-kegiatan yang dapat melatih siswa agar memiliki kepribadian yang taat dan peduli dengan lingkungan sosial. Kegiatan sekolah yang dapat membina mental spiritual dan sosial salah satunya adalah kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan di MI Ma’arif NU 1 Kedungwringin erat akan nilai-nilai karakter yang dapat membentuk mental spiritual dan sosial. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah lapangan (field research). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembinaan mental spiritual dan sosial melalui kegiatan kepramukaan bagi siswa di MI Ma’arif NU 1 Kedungwringin. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif NU 1 Kedungwringin. Dengan subjek meliputi, kepala sekolah, pembina pramuka, wali kelas V dan siswa kelas V. Hasil penelitian tentang pembinaan mental spiritual dan sosial melalui kegiatan kepramukaan bagi siswa di MI Ma’arif NU 1 Kedungwringin, yaitu: 1) Adanya pembinaan di dalam kegiatan kepramukaan tersusun dari perencanaan program sebagai pembentukan mental spiritual dan sosial. 2) Pengorganisasian kegiatan pramuka ini dilakukan dengan pembagian program kegiatan spiritual dan sosial. Kegiatan spiritual seperti berdoa, Sholat jamaah, hafalan doa harian, dan infak. Sedangkan kegiatan sosial seperti kemah, kerja sama, membuat ketrampilan dan bakti sosial. 3) Pelaksanaan pembinaan mental spiritual dan sosial pada kegiatan Kepramukaan dilaksanakan melalui rangkaian kegiatan yang pertama upacara pembukaan, inti atau penyampaian materi dan yang terakhir upacara penutupan. Masing-masing rangkaian kegiatan tersebut dapat membentuk kepekaan siswa agar selalu bertakwa dan menghargai sesama. 4) Monitoring kegiatan dengan cara pemeriksaan daftar hadir, pemeriksaan persiapan kegiatan kepramukaan, dan bertugas sesuai pembagian tugas masing-masing. 5) Evaluasi program dilaksanakan dengan memberikan penugasan kepada siswa agar pembina dapat memaksimalkan program kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Mental Spritual, Sosial, Kegiatan Kepramukaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alma Zulfika Rani sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:52
Last Modified: 25 Jan 2024 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23089

Actions (login required)

View Item View Item