POLA KOMUNIKASI PENGASUH YAYASAN SURYA PUSAKA NUSANTARA DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU ANAK JALANAN DI DESA SOKARAJA TENGAH SOKARAJA BANYUMAS

Rahmat, Muzimin (2024) POLA KOMUNIKASI PENGASUH YAYASAN SURYA PUSAKA NUSANTARA DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU ANAK JALANAN DI DESA SOKARAJA TENGAH SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img] Text
RAHMAT MUZIMIN_POLA KOMUNIKASI PENGASUH YAYASAN SURYA PUSAKA NUSANTARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola komunikasi yang diterapkan oleh Yayasan Surya Pusaka Nusantara dalam upaya pembentukan perilaku sosial anak jalanan di Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, beserta kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan tahapan reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Peneliti juga melakukan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Pola komunikasi antara pengasuh terhadap anak jalanan dalam pembentukan perilaku sosial anak jalanan di Yayasan SPN Sokaraja menerapkan sedikitnya tiga pola komunikasi, yakni pola roda, pola komunikasi antarpribadi dan pola komunikasi kelompok. Pada pola roda ini pengasuh memberikan arahan melalui kegiatan istimah dan mau’idzah hasanah kepada anak jalanan tanpa reaksi timbal balik dari anak jalanan. Pada pola komunikasi antarpribadi yang dilakukan antara pengasuh terhadap anak jalanan dianggap paling efektif dalam hal upaya mengubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang yaitu anak jalanan. Pada pola komunikasi kelompok antara pengasuh terhadap anak jalanan berkumpul bersama dalam bentuk kelompok. Kedua, Ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pembentukan perilaku sosial anak jalanan di Yayasan SPN Sokaraja, antara lain: faktor lingkungan dan faktor pendidikan. Pada faktor lingkungan ini terjadi pada kegiatan sehari-hari yang dilakukan antara pengasuh terhadap anak jalanan di Yayasan saat pengasuh memberikan motivasi dan dukungan yang dapat membentuk perilaku sosial anak jalanan. Pada faktor pendidikan ini yaitu melalui berbagai program kegiatan guna melatih keterampilan bakat pada anak jalanan dan meningkatkan perilaku sosial anak jalanan yang diadakan di Yayasan serta didukung oleh berbagai fasilitas-fasilitas yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Perilaku Sosial, Anak Jalanan, Kendala
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmat Muzimin sdr
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:13
Last Modified: 01 Feb 2024 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23087

Actions (login required)

View Item View Item