IMPLEMENTASI DEEP DIALOG ANTARUMAT BERAGAMA DALAM PERWUJUDAN MODERASI BERAGAMA: KOMUNITAS “NGOPI” DI BANJARNEGARA

Rosyana Dwi, Wulandari (2024) IMPLEMENTASI DEEP DIALOG ANTARUMAT BERAGAMA DALAM PERWUJUDAN MODERASI BERAGAMA: KOMUNITAS “NGOPI” DI BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rosyana Dwi Wulandari_Implementasi Deep Dialog Dalam Perwujudan Moderasi Beragama.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ngopi merupakan salah satu komunitas yang berisi tokoh lintas agama di Banjarnegara yang mengadakan dialog antarumat beragama dengan melibatkan tokoh umat beragama. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui bagaimana penerapan dialog antarumat beragama didalam komunitas Ngopi di Banjarnegara sebagai wujud moderasi beragama. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan teori deep dialogue yang dikemukakan oleh Leonard Swidler. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan anggota komunitas Ngopi, Stakeholder dan masyarakat yang turut ikut serta dalam kegiatan Ngopi. Hasil penelitian ini, pertama, aturan-aturan dalam melakukan deep dialog terpenuhi sehingga macam-macam deep dialog dapat diimplementasikan dengan baik didalam komunitas Ngopi. Kedua, Dialog dapat dijadikan sebagai jalan perwujudan moderasi beragama baik didalam komunitas itu sendiri ataupun dalam lingkup masyarakat. Kata Kunci : Deep Dialog, Moderasi Beragama, Komunitas Ngopi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Deep Dialog, Moderasi Beragama, Komunitas Ngopi
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 299 Other religions
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rosyana Dwi Wulandari sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:37
Last Modified: 25 Jan 2024 02:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23077

Actions (login required)

View Item View Item