IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA TRADISI SANTRI NATA SANDAL DI PONDOK PESANTREN BANI ROSUL PURWOKERTO

Robi, Wildani (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA TRADISI SANTRI NATA SANDAL DI PONDOK PESANTREN BANI ROSUL PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Robi Alfian Wildani_1917402291_ACC.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Sebagai lembaga pendidikan yang merupakan tempat khusus untuk menuntut ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kepentingan dunia dan akhirat atau lingkup khususnya agama, pesantren juga memiliki berbagai nilai dan tradisi didalamnya. salah satu tradisi yang dimiliki pesantren adalah tradisi santri Nata Sandal. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Tradisi santri Nata Sandal tersebut, maka peneliti hendak mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada pada tradisi tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa nilai-nilai pendidkan akhlak yang ada pada tradisi santri Nata Sandal ini adalah rendah hati, memuliakan guru dan ta’dzim kepada guru. Serta tujuan dari santri yang melaksanakan tradisi tersebut adalah untuk mendapatkan keberkahan dalam ilmu dan kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Tradisi, Nata Sandal
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Robi Alfian Wildani sdr
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:32
Last Modified: 25 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23076

Actions (login required)

View Item View Item