PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP EFIKASI DIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO

Eka Ayu, Kurniasih (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP EFIKASI DIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Eka Ayu Kurniasih_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Efikasi Diri dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Efikasi diri sangat penting dimiliki oleh siswa, karena dengan adanya efikasi diri pada siswa akan membantu seseorang menentukan pilihan usaha untuk berani, maju, gigih, dan tekun ketika menghadapi kesulitan dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan setelah diketahui rendahnya efikasi diri pada siswa. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti memilih model pembelajaran kooperatIf tipe Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran TGT efikasi diri siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan eksperimen. Desain yang yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Design. Populasi pada penelitian ini kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian berupa angket. Analisis data yang digunakan uji t terhadap nilai rata-rata N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap efikasi diri siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto, hal itu dapat dilihat dari hasil signifikansi uji t sampel independen terhadap nilai rata-rata N-Gain adalah 0,000 ˂ 0,05 yang berarti hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap efikasi diri siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Matematika, TGT
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Eka Ayu Kurniasih
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:02
Last Modified: 25 Jan 2024 04:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

View Item View Item