IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMEN DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS III MI MA'ARIF NU SELAKAMBANG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Shinta Laela, Widiasih (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMEN DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS III MI MA'ARIF NU SELAKAMBANG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.h. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Shinta_IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMEN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Al-Quran Hadis merupakan pembelajaran untuk meningkatkan kecintaan peserta didik pada Allah SWT. Tujuan pembelajaran Al-Quran Hadis di MI agar peserta didik mampu menghafal, membaca, menulis, menerjemahkan, menerapkan isi kandungan ayat atau hadis dan memahami kaidah ilmu tajwid. Untuk mencapai tujuan pembelajaran guru harus menggunakan metode yang pas untuk digunakan, seperti metode pembelajaran Team Game Tournamen. Penelitian mengenai implementasi metode Team Game Tournamen dilatar belakangi karena metode Team Game Tournamen memberikan perubahan dalam proses pembelajaran. Ketika pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, peserta didik akan merasa bosan dan tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran, hal ini membuat peserta didik sulit untuk memahami materi yang diajarkan. Maka dari itu, guru kelas III di MI Ma’arif NU Selakambang mulai menerapkan metode Team Game Tournamen pada pembelajaran Al-Quran Hadis dan diharapkan peserta didik tidak bosan dan bersemangat serta aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran dari penerapan metode Team Game Tournamen di MI Ma’arif NU Selakambang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di MI Ma’arif NU Selakambang dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru kelas III dan peserta didik kelas III. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru secara keseluruhan dalam penerapan metode Team Game Tournamen telah sesuai dengan langkah-langkah metode Team Game Tournamen. Guru juga berhasil membuat suasana kelas menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan berpikir peserta didik, meningkatkan antusiasme dan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, serta dapat mengembangkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Al-Quran Hadis, Implementasi, Team Game Tournamen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Al-Quran Hadis, Implementasi, Team Game Tournamen
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shinta Laela Widiasih sdri
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:16
Last Modified: 26 Jan 2024 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23048

Actions (login required)

View Item View Item