MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SMP PGRI BANJARNEGARA

Maulid, Datun Istinganah (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SMP PGRI BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saefudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAULID DATUN ISTINGANAH-MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SMP PGRI BANJARNEGARA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan serangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan, mengendalikan dan mengembangkan terhadap segala upaya dalam mengatur dan mendayagunakan sumberdaya manusia, sarana dan prasana secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang dibuat untuk mengatasi kesenjangan pendidikan di Indonesia. Kurikulum Merdeka juga merupakan bagian dari upaya pemulihan pembelajaran yang awalnya online menuju offline dari kurikulum sebelumnya supaya lebih fleksibel. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu bagaimana Manajemen Kurikulum Merdeka di SMP PGRI Susukan Banjarnegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganissian, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan manajemen kurikulum merdeka di SMP PGRI Susukan Banjarnegara. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif.“Peneliti mendapatkan data-data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung di SMP PGRI Susukan”. Kemudian peneliti menggunakan metode analisis data reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan nggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah manajemen kurikulum merdeka di SMP PGRI Susukan yakni mencakup proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran. Proses perencanaan dilakukan guru dengan menganalisis dan membuat modul ajar sesuai instruksi buku pedoman, proses pengorganisasian kurikulum merdeka SMP PGRI Susukan berada dalam pengawasan Dindikpora panitia pengelola jalannya kurikulum merdeka bekerja sama dengan pengawas dari Dindikpora membuat forum diskusi guna membahas penerapan (implementasi) manajemen kurikulum merdeka di SMP PGRI Susukan, proses pelaksanaan yakni guru melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai modul ajar yang telah dibuat, serta hasil pelaksanaan pembelajaran yaitu kondisi siswa dalam pembelajaran sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka yakni menumbuhkan karakter peserta didik. Kemudian fokus keempat hasilnya meliputi hasil pembelajaran yang merupakan bentuk evaluasi dalam pengimplementasian kurikulum merdeka SMP PGRI Susukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Manajemen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maulid Datun Istinganah sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:04
Last Modified: 25 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23040

Actions (login required)

View Item View Item