MANAJEMEN REKRUTMEN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Salsabila Dwi Septiana, Yuwarni (2024) MANAJEMEN REKRUTMEN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Salsabila Dwi Septiana Yuwarni_Manajemen Rekrutmen Guru di Lembaga Pendidikan Istiqomah Sambas Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rekrutmen guru adalah proses penerimaan guru di lembaga pendidikan untuk mendapatkan guru yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan. Untuk melaksanakan rekrutmen guru dengan baik maka diperlukannya kegiatan manajemen rekrutmen guru yang baik, sehingga menghasilkan guru bermutu baik yang dapat meningkatkan mutu lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen rekrutmen guru di Lembaga Pendidikan Istiqomah Sambas Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model miles dan huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa manajemen rekrutmen guru yang dimiliki oleh Lembaga Pendidikan Istiqomah Sambas Purbalingga sudah baik, terstruktur, dilakukan dengan adil, jujur, selektif dan sesuai dengan kebutuhan lembaga. Pelaksanaan rekrutmen guru dilakukan selama 2 tahun 2 bulan, dengan tahapan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan dilakukan dengan melakukan analisis atas permintaan pengadaan guru, penentuan persyaratan calon guru. Pengorganisasian dilakukan dengan pembentukan panitia pelaksana yang menjalan rekrutmen guru dimulai dari persiapan hingga evaluasi. Pelaksanaan rekrutmen guru dimulai dengan kegiatan pengumuman pelaksanaan rekrutmen guru, penerimaan lamaran guru baru, seleksi, pengangkatan dan pembekalan. Tahap selanjutnya pengawasan dilakukan oleh Direktur Lembaga dengan ikut serta dalam pelaksanaan rekrutmen guru mulai dari persiapan hingga pengangkatan serta melakukan evaluasi dengan bertujuan untuk menemukan kendala yang terjadi dan solusi atas kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Manajemen, Rekrutmen
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salsabila Dwi Septiana Yuwarni sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:35
Last Modified: 25 Jan 2024 04:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23034

Actions (login required)

View Item View Item