PENIADAAN TANGGAL KADALUARSA PADA BARANG DAGANGAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus pada Toko Cokelat Murah Purwokerto)

Sesilia Rinta, Nurmala (2024) PENIADAAN TANGGAL KADALUARSA PADA BARANG DAGANGAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus pada Toko Cokelat Murah Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SESILIA RINTA NURMALA _PENIADAAN TANGGAL KADALUARSA PADA BARANG DAGANGAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik jual beli cokelat di Toko Cokelat Murah Purwokerto, dalam praktiknya Toko tersebut menjual cokelat dengan tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa, hal itu disebabkan karena cokelat yang dijual merupakan barang yang tidak lolos uji quality control, sehingga tindakan tersebut dinilai telah melanggar peraturan undang-undang perlindungan konsumen terkait hak konsumen untuk mendapatkan informasi terkait tanggal kadaluarsa. Begitu juga dalam pandangan maqashid syari'ah, walaupun bukan makanan pokok, akan tetapi harus dijaga kualitasnya, sehingga layak untuk dikonsumsi. Tidak tercantumnya tanggal kadaluarsa ini sangat membahayakan bagi keamanan makanan. Dengan demikian, pentingnya penelitian ini dilakukan oleh penulis untuk melihat kemaslahatan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan normatif empiris. Pendekatan ni digunakan untuk mengamati dan menganalisis praktik jual beli cokelat di Toko Cokelat Murah Purwokerto. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara, tindakan selanjutnya adalah penyusunan dan mengklasifikasinya data, yang kemudian dapat disimpulkan. Penelitian ini menunjukan bahwa, Praktik peniadaan tanggal kadaluarsa pada makanan cokelat yang dijual di Toko Cokelat Murah Purwokerto didasarkan pada pembelian cokelat dari supplier utama kepada produsen dan dijual kepada konsumen pribadi dengan tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa, hal ini terjadi karena cokelat tersebut adalah barang yang tidak lolos uji quality control atau tidak lolos uji fisik pabrik yang kemudian dijual dengan harga murah oleh produsen kepada konsumen. Kualitas yang ditawarkan produsen kepada konsumen merupakan produk yang masih layak untuk dikonsumsi dalam waktu tertentu, dengan penyimpanan yang benar walaupun tidak ada ada lebel tanggal kadaluarsa. Tindakan Toko Cokelat Murah Purwokerto yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa pada produk cokelat yang dijual, termasuk dalam pelanggaran terhadap Undang-Undang Perlindungan Konsumen di Indonesia. Pelanggaran ini mencakup ketentuan Pasal 4 huruf a, c, dan Pasal 8 ayat (1) huruf g, dan tidak sesuai dengan prinsip maqashid syari'ah Kata kunci: Cokelat, Tanggal Kadaluarsa, Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Maqashid Syari'ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cokelat, Tanggal Kadaluarsa, Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Maqashid Syari'ah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sesilia Rinta Nurmala sdri
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:39
Last Modified: 23 Jan 2024 08:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23009

Actions (login required)

View Item View Item