KURNIAWATI, PAMBAJENG (2024) KONSEP MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
KURNIAWATI PAMBAJENG_KONSEP MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SMA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Indonesia merupakan negara multikultural dimana di dalamnya terdapat berbagai suku, bangsa, dan agama. Dari banyaknya perbedaan tersebut, muncul berbagai konflik sosial dimana konflik agama merupakan konflik yang paling sering terjadi di masyarakat Indonesia. Moderasi sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kehidupan yang dialami oleh manusia supaya tercipta kehidupan yang harmonis dan damai. Pendidikan menjadi bagian terpenting dan menjadi tempat dalam menanamkan pemahaman Islam yang moderat, melalui Pendidikan Agama Islam sebagai sistem pembelajaran memiliki komponen yang sangat menentukan dalam proses pendidikan yaitu kurikulum Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana konsep moderasi beragama dalam perspektif Quraish shihab dan relevansinya dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam tingkat SMA?. Tujuan melakukan penelitian ini dapat digunakan untuk menganalisis konsep moderasi beragama dalam perspektif Quraish Shihab. Menemukan relevansi konsep moderasi beragama dalam perspektif Quraish Shihab dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya meliputi sumber data primer yaitu buku “Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama” karya dari Quraish Shihab dan sumber data sekunder berupa buku, artikel jurnal, kamus, serta hasil penelitian terdahulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasilnya menunjukan bahwa konsep moderasi beragama dari sudut pandang Quraish Shihab, moderasi beragama adalah keseimbangan dalam semua aspek kehidupan, baik duniawi maupun ukhrawi yang selalu melibatkan upaya penyesuaian dengan kondisi saat ini dan didasarkan pada orientasi keagamaan. Adapun beberapa ponit yang mencerminkan pemahaman quraish shihab mengenai moderasi seperti tawasuth (tengah) rahmatan lil-alamin, serta toleransi dan keberagaman. Konsep moderasi beragama tersebut relvan dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam tingkat SMA berupa KI dan KD serta Capaian Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi beragama, Quraish Shihab, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Kurniawati Pambajeng |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 08:26 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 08:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |