Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Peserta Didik Di MTs Negeri 4 Cilacap

Mardiati, Amala (2024) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Peserta Didik Di MTs Negeri 4 Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MARDIATI AMALA SKRIPSI FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan peserta didik, khususnya dalam rutinitas penerapan kegiatan ibadah, kegiatan disiplin berupaya untuk mengatasi siswa agar pada masa dewasanya tidak cenderung malas dan selalu konsisten dalam menjalankan kegiatan ibadah. Sehingga nantinya peserta didik dapat menjadi sosok manusia yang selalu beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Dalam hal ini peran guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah pada siswa baik melalui proses pembelajaran atau pelaksanaan kegiatan keagamaan yang ada di madrasah dengan tujuan memberikan kesadaran diri pada peserta didik terkait kewajiban seseorang dalam beribadah untuk selalu semangat dalam menjalankan kegiatan beribadah dengan perasaan yang ikhlas tanpa adanya paksaan dari orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah peserta didik dilaksanakan dengan: Pertama guru berperan sebagai pembimbing. Kedua guru berperan sebagai teladan dan contoh. Ketiga guru sebagai motivator dan penasehat. Keempat guru sebagai fasilitator. Kelima guru sebagai evaluator. Adapun hasil dari penerapan dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah peserta didik yaitu: 1) Adanya konsistensi dalam membaca doa’ dan Asmaul Husna setiap pagi, kegiatan BTA dan pembacaan Yasin, serta shalat berjama’ah. 2) Siswa mulai memperbaiki setiap kegiatan ibadah, seperti shalat 5 waktu dan shalat sunnah dhuha. 3) Siswa lebih disiplin dalam membaca Al-Qur’an bahkan sampai menghafal Juz’Amma, Yasin atau surah lain dalam Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Disiplin Ibadah, Peserta Didik
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mardiati Amala sdri
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:53
Last Modified: 23 Jan 2024 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item View Item