IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF MAN ANA DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS XI MIPA DI MAN 2 BREBES

SHOFNA, ARIFATUL MAULA (2024) IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF MAN ANA DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS XI MIPA DI MAN 2 BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOFNA ARIFATUL MAULA PBA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab di Indonesia merupakan mata pelajaran di seluruh jenjang pendidikan Islam baik formal maupun non formal. Mufrodat menjadi salah satu unsur dasar untuk memahami dan mengembangkan bahasa Arab. Permainan edukatif menjadi salah satu metode yang diterapkan para guru dan siswa dalam menerangkan materi-materi bahasa Arab dan menjadi salah satu metode yang sangat disenangi oleh siswa karena dapat menghilangkan kebosanan akibat pembelajaran yang terbiasa monoton serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkreasi dan mengekspresikan dalam menyerap materi yang disampaikan. Sehingga penulis mengangkat penelitian dengan judul “Implementasi Permainan Edukatif Man Ana dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Kelas XI MIPA di MAN 2 Brebes”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mufrodat bahasa Arab dengan penerapan permainan edukatif Man Ana kelas XI MIPA di MAN 2 Brebes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan latar belakang penelitian di MAN 2 Brebes. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh oleh penulis mengenai penerapan permainan edukatif Man Ana dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab dalam implementasinya, permainan tersebut bermaksud menebak siapa saya, setiap siswa menghafal nama-nama mufrodat anggota kelompok yang telah dibagikan kemudian setiap kelompok bergantian mengambil kartu. Jika terdapat dua kelompok mendapatkan kartu yang sama, maka kedua kelompok tersebut cepat-cepatan menyebutkan nama mufrodat kelompok lawannya dengan mufrodat yang telah dihafalkan, kelompok yang mendapatkan kartu terbanyak berarti kalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mufrodat Bahasa Arab, Implementasi, Permainan Edukatif
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Shofna Arifatul Maula sdri
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:16
Last Modified: 23 Jan 2024 08:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23003

Actions (login required)

View Item View Item