Nilai-nilai Pendidikan Karaktet dalam Novel Totto-chan (Gadis Cilik di Jendela) Karya Tetsuko Kuroyanagi dan Relevansinya pada Anak Usia Sekolah Dasar

Addina Nur, Afifah (2024) Nilai-nilai Pendidikan Karaktet dalam Novel Totto-chan (Gadis Cilik di Jendela) Karya Tetsuko Kuroyanagi dan Relevansinya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADDINA N A.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini banyak terjadi kasus pelanggaran yang dilakukan oleh anak- anak dibawah umur. Kasus yang terjadipun beragam mulai dari pelanggaran ringan hingga pelanggaran berat. Karena banyaknya kasus yang terjadi membuat citra pendidikan di Indonesia menjadi buruk. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut maka diperlukannya penguatan penanaman pendidikan karakter bagi anak-anak usia dini. Pendidikan karakter dapat dilakuakan melalui berbagai hal dan dimana saja, bisa diterapkan dimana saja, seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Untuk memberikan pendidikan karakterpun tidak hanya melalui kegiatan pembelajaran saja tetapi juga dapat diperoleh melalui berbagai sumber, salah satunya adalah novel. Novel adalah sebuah karya sastra yang digunakan untuk bahan bacaan dan hiburan dikala waktu luang, novel juga dapat memberikan banyak nilai-nilai pendidikan yang dapat di ambiloleh para pembaca. Contohnya seperti novel Totto-chan (Gadis Cilik di Jendela) Karya Tetsuko Kuroyanagi. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Totto-chan (Gadis Cilik di Jendela). Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Data primer berupa novel Totto-chan (Gadis Cilik di Jendela) karya Tetsuko Kuroyanagi dan data sekunder berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan sumber lain yang berkaitan dengan peneliian ini. setelah data terkumpul kemudia dilakukan analisis data. dalam metode analisis data, penelitian ini menggunakan metode content analysis atau analisis isi buku. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti menemukan ada tigabelas nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Totto-chan (Gadis Cilik di Jendela). Nilai-nilai tersebut diantaranya : Kreatif, Mandiri, Tanggung Jawab, Kerja Keras, Peduli Lingkungan, Rasa Ingin Tahu, Disiplin, Bersahabat dan Komunikatif, Toleransi, Menghargai Prestasi, Peduli Sosial, Gemar membaca dan Cinta Tanah Air. Yang mana nilai tersebut relevan dengan anak usia sekolah dasar. Nilai-nilai yang didapat juga masuk dalam program penguatan pendidikan karakter vrsi Kemendikbud. Cerita yang ada di dalam novel Totto-chan juga sangat relevan dengan keadaan anak-anak yang sebenarnya. Kata Kunci : Anak Usia Sekolah Dasar, Nilai Pendidikan Karakter, Novel Totto-chan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Addina Nur Afifah
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:25
Last Modified: 23 Jan 2024 07:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22991

Actions (login required)

View Item View Item