IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN PARA PENJUAL (Studi Kasus Toko Grosir Al-Araffah Pasar Wage Purwokerto)

Ismatul Chalimah, 1123203083 (2017) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN PARA PENJUAL (Studi Kasus Toko Grosir Al-Araffah Pasar Wage Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ISMATUL CHALIMAH_IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis dapat terjadi dimana saja salah satunya di Pasar Wage Purwokerto. Persaingan bisnis yang terjadi di Pasar Wage menyangkut persaingan harga antar para penjual baik yang berjualan eceran maupun grosir. Persaingan harga ini lumrah terjadi dalam setiap aktifitas perdagangan dengan berbagai alasan dan motif. Di pasar wage salah satu alasan yang penulis dapatkan dari adanya persaingan harga ini adalah karena tidak ingin pesaingnya lebih unggul ( menang dalam bersaing ) sehingga beberapa penjual yang memiliki modal lebih banyak menurunkan harga barangnya jauh dibawah harga yang terjadi dipasar. Dimana penurunan harga ini bukan semata-mata untuk meraup banyaknya konsumen yang membeli namun lebih kepada tidak ingin ada pesaing. Penulis menyadari bahwa tidak semua pedagang yang memiliki modal lebih melakukan strategi harga yang demikian salah satunya yaitu Toko Grosir Al-Araffah.Toko Grosir Al-Araffah adalah salah satu sentra penjualan berbagai macan kerudung grosir di Pasar Wage Purwokerto. Dalam bisnis penjualan ini tentunya akan melahirkan persaingan dalam bisnis, namun Islam menuntun manusia untuk menerapakan Etika Bisnis Islam dalam bersaing seperti yang diajarakan oleh Rasululloh Saw dengan berlaku jujur, menggunakan persaingan yang sehat, menerapakan strategi pemasaran yang sesuai dengan koridor Islam, serta menerapkan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penulis akan mengumpulkan data dengan cara mendatangi langsung ke lapangan, lembaga yang menjadi objek penelitian untuk mengetahui penerapan Etika Bisnis Islam dalam Persaingan di Toko Grosir Al-Araffah melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Toko Grosir Al-Araffah setidaknya telah menerapkan beberapa Etika Bisnis Islam Dalam Persaingan dalam berjualan dengan menerapkan sifat jujur dalam berbisnis, menggunakan strategi pemasaran yang sesuai dengan syari’at Islam dengan tidak menjelakkan bisnis pesaingnya, serta melakukan persaingan yang fire.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Etika Bisnis Islam, Persaingan, Toko Grosir Al-Araffah.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Mar 2017 08:05
Last Modified: 24 Mar 2017 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item View Item