PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTS MA'ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

SEPTINA RAHMA, MARSILIA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTS MA'ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Septina Rahma Marsilia_ Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas IX MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan abstraksi matematis yaitu kemampuan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menerapkan konsep matematika secara konseptual, tanpa bergantung pada situasi atau objek konkret. Kemampuan abstraksi matematis ini sangat dibutuhkan siswa dalam pembelajaran matematika karena ini terkait dengan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi pola, merumuskan generalisasi, dan bekerja dengan konsep matematika secara umum. Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan abstraksi matematis siswa kelas IX di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Maka dari itu, untuk meningkatkan rendahnya kemampuan abstraksi matematis peneliti memilih menggunakan teknik scaffolding. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran matematika dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan abstraksi matematis siswa kelas IX di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen, karena terdapat pengaruh dari (perlakuan/treatment) yang telah diberikan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Sampel yang digunakan adalah kelas IX B dan IX C dengan pengambilan teknik sampel menggunakan teknik Random Sampling yaitu dengan cara kelas yang di jadikan sampel diundi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian/essay dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t terhadap nilai rata-rata N-Gain. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran matematika dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan abstraksi matematis siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Terlihat dari hasil signifikansi uji t sampel independen terhadap nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,000 < 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Septina Rahma Marsilia
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:03
Last Modified: 23 Jan 2024 08:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22981

Actions (login required)

View Item View Item