PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

Dinarty Ajeng, Khaerisma (2024) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dinarty Ajeng Khaerisma_Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 4 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 4 Purwokerto. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto dengan total ada 288 siswa yang terbagi dalam delapan kelas. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling, berdasarkan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 167 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket keterampilan dasar mengajar guru dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang sudah lolos uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Adapun uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji keberartian regresi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 4 Purwokerto dengan pengaruh sebesar 19,9%, sedangkan 80,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yaitu faktor internal, seperti kematangan atau pertumbuhan, kecerdasan latihan, motivasi dan faktor pribadi. Faktor eksternal, seperti keluarga atau keadaan rumah tangga, alat-alat yang digunakan dalam belajar, lingkungan dan kesempatan yang tersedia serta motivasi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Dasar Mengajar, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dinarty Ajeng Khaerisma sdri
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:50
Last Modified: 23 Jan 2024 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22976

Actions (login required)

View Item View Item