PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SONGGOM KABUPATEN BREBES

Rantini, Rantini (2024) PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SONGGOM KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rantini_Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dan Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Songgom Kabupaten Brebes.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan pemahaman matematis siswa yang rendah. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dibutuhkan sebuah inovasi pada saat pembelajaran di kelas. Guru mengajak siswa untuk aktif selama proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, menyenangkan dan siswa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh dari kedua model pembelajaran yakni model pembelajaran kooperatif tipe scramble dan make a match terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian yang berbentuk penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Songgom Kabupaten Brebes dan sampel yang digunakan diambil dengan teknik random sampling dengan hasil sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah 59 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes uraian yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu N-Gain dan uji t sampel independent dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Songgom Kabupaten Brebes pengaruhnya lebih besar dibandingkan scramble yakni terlihat dari hasil uji t sampel independent terhadap nilai N-Gain yaitu 0,000 <0,05 yang artinya H1 diterima H_1:μ_1≠μ_2, artinya terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran scramble dan make a match dengan rata-rata N-Gain yang diberi perlakuan make a match sebesar 0,74 sementara scramble 0,61.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: scramble, make a match, kemampuan pemahaman matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rantini Rantini sdri
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:56
Last Modified: 23 Jan 2024 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22972

Actions (login required)

View Item View Item