PENGARUH MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG

Narjuti, Waunah (2024) PENGARUH MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Narjuti Waunah_Pengaruh Model Self Directed Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Peneliti memilih model Self Directed Learning (SDL) untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Self Directed Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen, karena ada pengaruh (treatment/perlakuan) yang diberikan dan desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 26 siswa dan kelas VII C yang berjumlah 25 siswa. Analisis data yang digunakan menggunakan N-Gain dan Uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Self Directed Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Dari hasil N-Gain menunjukan N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,71 yang dapat diklasifikasikan masuk kategori tinggi, dan pada kelas kontrol mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,38 yang diklasifikasikan masuk kategori sedang. Sehingga, peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan hasil uji t sampel independen terhadap nilai N-Gain yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Self Directed Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Self Directed Learning, Pemahaman Matematis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Narjuti Waunah
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:57
Last Modified: 23 Jan 2024 03:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item View Item