ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERAT WEDHATAMA KARYA KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA (K.G.P.A.A.) MANGKUNEGARA IV

Adie, Setiawan (2024) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERAT WEDHATAMA KARYA KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA (K.G.P.A.A.) MANGKUNEGARA IV. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Adie Setiawan_1917402046_Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Serat Wedhatama Karya KGPAA Mangkunegara IV .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dampak globalisasi menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dunia pendidikan pada umumnya dan pendidikan Islam pada khususnya. Di era teknologi informasi yang terus berkembang berujung hilangnya jati diri bangsa. Oleh sebab itu, dibutuhkan penguatan nilai pendidikan Islam yang diperkaya dengan nilai-nilai kearifan lokal untuk menjadi pedoman hidup khususnya dalam berperilaku bagi generasi bangsa sesuai dengan jati diri bangsa. Salah satu nilai kearifan lokal yang dapat digali secara mendalam adalah kandungan Serat Wedhatama. Serat Wedhatama terkandung ajaran tentang keluhuran dalam kehidupan manusia, contohnya ajaran tentang tingkah laku sopan dan bijaksana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Serat Wedhatama karya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A) Mangkunegara IV. Jenis penelitian ini yakni menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Serat Wedhatama, salah satu komponen serat piwulang yang digunakan sebagai bahan berdasarkan pendidikan agama Islam. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode content analysis atau analisis isi dengan langkah-langkah strategi menurut Miles dan Faisal yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Sedangkan teknik pemeriksaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Serat Wedhatama karya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A) Mangkunegara IV terdapat tiga nilai pendidikan Islam yaitu pertama, nilai pendidikan akidah iman kepada Allah dengan sembah jiwa dan sembah rasa. Kedua, nilai pendidikan akhlak mahmudah (akhlak terpuji) dan menjauhi akhlak mazmumah (akhlak tercela). Ketiga, nilai pendidikan ibadah wudhu, shalat, dzikir, puasa, zakat, dan membaca Al-Qur’an. Relevensi nilai pendidikan Islam dalam ajaran Serat Wedhatama dengan pembelajaran pendidikan agama Islam terletak pada kesamaan konsep nilai-nilai pendidikan Islam (nilai akidah, akhlak, dan ibadah) dalam nilai-nilai kehidupan di dalam Serat Wedhatama (sembah raga, cipta, jiwa & rasa) dengan pendidikan agama Islam dalam materi: Al-Qur’an Hadis, akidah, akhlak, dan fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Serat Wedhatama, Mangkunegara IV
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.71 Seni Sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adie Setiawan sdr
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:26
Last Modified: 23 Jan 2024 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22961

Actions (login required)

View Item View Item