IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR JENJANG PAUD DI TAMAN PENITIPAN ANAK INSAN MULIA PURWOKERTO

Muslihatur, Rofiah (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR JENJANG PAUD DI TAMAN PENITIPAN ANAK INSAN MULIA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muslihatur Rofiah_Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang PAUD di Taman Penitipan Anak Insan Mulia Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemulihan pembelajaran yang digagas oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru, menerapkan kurikulum baru tidak mudah bagi setiap satuan pendidikan, memerlukan waktu untuk beradaptasi. Untuk memberikan pemahaman berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di jenjang pendidikan anak usia dini, maka penting dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kurikulum belajar merdeka diterapkan dan untuk mengidentifikasi tantangan yang terjadi di TPA Insan Mulia Purwokerto. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di TPA Insan Mulia Purwokerto. dengan subjek penelitian yang dimaksud adalah guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti mengumpulkan, mereduksi, dan memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan kurikulum merdeka, adapun langkah-langkah dalam perencanaan memahami capaian pembelajaran (CP), merumuskan tujuan pembelajaran (TP), dan menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP), dan merancang rencana pembelajaran, modul ajar dan asesmen. Kedua, pelaksanaan kurikulum merdeka, adapun langkah-langkahnya yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga, evaluasi kurikulum merdeka di TPA Insan Mulia Purwokerto, asesmen terdiri dari asesmen formatif dan asesmen sumatif. Kemudian, kendala yang dihadapi TPA Insan Mulia Purwokerto pada implementasi kurikulum merdeka adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM), sistem pendidikan dan pengajaran yang dirancang belum terealisasikan dengan baik, dan pelaksanaan kurikulum merdeka masih kurang matang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Muslihatur Rofiah sdri
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:56
Last Modified: 22 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22946

Actions (login required)

View Item View Item