IMPLEMENTASI KURIKULUM IMAN DAN AL QURAN DI KUTTAB AL FATIH PURWOKERTO

Laelatul, Fajriati (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM IMAN DAN AL QURAN DI KUTTAB AL FATIH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELATUL FAJRIATI_IMPLEMENTASI KURIKULUM IMAN DAN AL QURAN DI KUTTAB AL FATIH PURWOKERTO.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Di zaman sekarang ini, fenomena degradasi moral sangat marak terlihat pada generasi muda, dan dibutuhkan kurikulum yang dirancang untuk mengatasi hal tersebut. Muncullah kurikulum iman dan Al Quran yang diterapkan di lembaga Kuttab Al Fatih Purwokerto dengan fokus utamanya memperbaiki adab dan menanamkan keimanan serta kecintaan terhadap Al Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum iman dan Al Quran di Kuttab Al Fatih Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Kuttab, koordinator kurikulum Iman, koordinator kurikulum Al Quran, dan guru iman serta guru Al Quran. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan metode yang digunakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum iman dan Al Quran di Kuttab Al Fatih Purwokerto diimplementasikan pada kegiatan belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas. Implementasi kurikulum diawali dengan perencanaan yang dilakukan oleh pusat dan cabang. Selanjutnya hasil dari perencanaan tersebut diimplementasikan pada pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Pada pembelajaran iman di kelas, diterapkan dengan urutan pembukaan/muqaddimah, inti/penyampaian materi, dan penutup. Sedangkan pada pembelajaran Al Quran dilakukan dengan aturan dari pusat yaitu pembukaan/muqaddimah, motivasi, murojaah jama’i, talaqi jama’i, setoran hafalan, dan penutup. Kurikulum iman dan Al Quran juga diimplementasikan pada kegiatan di luar kelas yaitu pada kegiatan kemah, pra mabit, mabit, parade tasmi’, dan lomba MHQ, yang mana program tersebut dilaksanakan untuk menunjang ketercapaian tujuan kurikulum ini. Dalam pengimplementasian tersebut, dilakukan pengawasan oleh kepala Kuttab dan koordinator kurikulum. Kemudian diadakan evaluasi kurikulum untuk melihat ketercapaian tujuan kurikulum dan dampak yang diperoleh oleh siswa. Pengimplementasian kurikulum iman dan Al Quran berdampak baik pada diri peserta didik, yaitu tertanamnya keimanan dan adab yang baik yang ditunjukkan oleh siswa dalam pergaulannya sehari-hari. Kata kunci : Implementasi, Kurikulum iman, Kurikulum Al Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum iman, Kurikulum Al Quran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laelatul Fajriati sdri
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:17
Last Modified: 22 Jan 2024 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22945

Actions (login required)

View Item View Item