IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK PURBA ADHI SUTA PLUS PURBALINGGA

Lutfiah, Afrianti Sugito (2024) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK PURBA ADHI SUTA PLUS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LUTFIAH AFRIANTI_PIAUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memilki latar belakang berbeda dengan anak normal pada umumnya. Mereka memiliki kelainan pada fisik maupun psikis, sosial dan moralnya. Anak berkebutuhan khusus juga disebut anak luar biasa jadi tidak hanya memiliki kekurangan tetapi mereka juga memiliki kelebihan. Meskipun berbeda dengan anak normal lainnya tetapi mereka juga memiliki bakat dan minat yang perlu dikembangankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengembangan bakat dan minat anak bekebutuhan khusus di TK Purba Adhi Suta Plus Purbalingga. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru yang mengajar anak berkebutuhan khusus dan anak berkebutuhan khusus. Objek penelitian ini adalah implementasi pengembangan bakat dan minat anak berkebutuhan khusus. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian Implementasi pengembangan bakat dan minat Anak Berkebutuhan Khusus diperoleh hasil bahwa dalam mengimplementasikan bakat dan minat anak dibantu dengan berbagai kegiatan yang sudah disediakan disekolah, diantaranya melalui kegiatan dalam jangka panjang contoh kegiatan jangka panjang adalah pencak silat,bina diri, dan ecoprint. Selanjutnya kegiatan jangka menengah yaitu cooking class, dan menari sedangkan untuk kegiatan jangka pendek yaitu berupa kegiatan melukis dan mewarnai. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dapat mengembangan bakat minat anak dari fisik, motorik dan intelektualnya. Dalam kegiatan implementasi pengembangan bakat dan minat anak tersebut juga memiliki faktor pendukung dan penghambat diantara faktor pendukung yang disediakan di sekolah seperti keterampilan guru, metode pembelajaran dan fasilitas sekolah, faktor penghambatnya dalam mengatur anak untuk mengikuti kegiatan karena mereka memiliki perubahan mood yang tidak stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Implementasi Pengembangan Bakat, Implementasi Pengembangan minat, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 000 Generalities > 030 General encyclopedic works
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Lutfiah Afrianti Sugito sdri
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:52
Last Modified: 22 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item View Item