IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KELAS V MI MUHAMMADIYAH SEMONDO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN

Maswah, Syifana (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KELAS V MI MUHAMMADIYAH SEMONDO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MASWAH SYIFANA_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KELAS V MI MUHAMMADIYAH SEMONDO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran di MI Muhammadiyah Semondo. Pada penelitian ini hal yang ingin diketahaui yaitu bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013. Dimulai dari bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Keberhasilan kurikulum 2013 pada pembelajaran dapat dilihat dari tiga tahap tersebut. Pada proses penilaian juga merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan penilaian pada kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya dimana menyangkut tiga aspek yang dinilai yaitu aspek sikap,pengetahuan,dan ketrampilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model interaktif yang menurut Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian uji keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran diterapkan melalui tiga tahap. Tahap pertama yaitu perencanaan dengan menyusun silabus dan RPP. Tahap kedua yaitu pelaksanaan dengan melakukan kegiatan 5M yaitu menanya, mengamati, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Serta tahap evaluasi atau penilaian. Pada tahap ini guru melakukan perencanaan dengan menyusun kisi-kisi dan instrument penilaian. Pada pelaksanaan evaluasi atau penilaian pembelajaran, guru melakukan penilaian untuk tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan atau implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran kelas V berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maswah Syifana sdri
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:16
Last Modified: 22 Jan 2024 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22942

Actions (login required)

View Item View Item